Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Rasa Mandarin ala Blur

Kompas.com - 25/02/2015, 15:49 WIB
LONDON, KOMPAS.com --  Pionir gelombang britpop era 1990-an, Blur, membuat penggemarnya tak henti tersenyum pada tengah pekan lalu. Empat personelnya, secara utuh, mengumumkan mereka akan mengeluarkan album baru pada 27 April nanti. Album itu akan menjadi album kedelapan, dan yang pertama sejak mereka melepas Think Tank, dua belas tahun silam.

Album baru itu akan berjudul The Magic Whip. Lagu pertamanya, "Go Out", sudah bisa disimak di kanal video YouTube. Kelompok asal London tersebut juga menyibak sampul album baru nanti. Gambarnya lucu, yaitu es krim dengan aksara mandarin di sekitarnya. Rupanya, album itu direkam di Hongkong pada 2013 saat mereka singgah setelah pertunjukan di Jepang dibatalkan.

"Lagu-lagu di album itu bercerita tentang suasana sekitar Hongkong yang kami lihat saat itu. Studionya sendiri sempit dan gerah, dan peralatannya terbatas. Jadi mirip pengalaman awal rekaman dulu," kata vokalis Damon Albarn.

Album baru ini akan menjadi album pertama mereka berempat merekam album bersama-sama sejak tahun 1999. Pada album Think Tank, gitaris Graham Coxon hanya mengisi satu lagu. Adapun untuk album baru nanti, peran Coxon sangat penting. Ia yang berinisiatif merampungkan hasil rekaman lima hari di Hongkong yang nyaris diabaikan tersebut.

Coxon membawa hasil rekaman itu ke produser Stephen Street yang telah mereka akrabi sejak awal karier. Mereka berempat puas dengan hasilnya. Sebagai kelanjutan peluncuran album itu nanti, Blur bakal jadi penampil utama di festival British Summer Time in Hyde Park pada 20 Juni. Sepanjang kariernya, mereka telah empat kali tampil di festival bergengsi itu. Pada 2013, Blur sempat berpentas di Jakarta. (THE GUARDIAN/HEI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com