Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abdee "Slank" Alami Masalah pada Fungsi Ginjalnya

Kompas.com - 02/03/2015, 16:05 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain gitar band Slank, Abdee Negara (46), mengungkapkan bahwa ia telah dirawat intensif selama kira-kira tiga minggu di sebuah rumah sakit di Jakarta belum lama ini karena gangguan pada fungsi ginjalnya.

"Ya, kemarin saya sakit, dirawat 23 hari. Saya ada masalah ginjal, setelah empat tahun lalu saya divonis (menderita gangguan pada fungsi ginjal)," ujar Abdee usai menonton bareng film 2014 karya dua sutradara Hanung Bramantyo dan Rahabi Mandra, di Plaza Senayan XXI, Jakarta Pusat, Sabtu (28/2/2015) malam.

Abdee, yang baru dua minggu lalu keluar dari rumah sakit, juga mengaku harus menjaga lebih ketat kondisi tubuhnya.

"Ya, sudah harus lebih berhati-hati, enggak boleh terlalu capek. Ya, gaya hidup, pola makan, harus diperhatikan," tekan Abdee.

Abdee menerangkan, ia menderita gangguan pada fungsi ginjalnya karena faktor genetik berupa darah tinggi.

"Kata dokter, saya (menderita gangguan pada ginjalnya karena) keturunan yang mempunyai penyakit darah tinggi. Mungkin, saya enggak jaga (agar terhindar dari) darah tinggi waktu dulu. Dari makannya, istrirahatnya, kurang," jelasnya.

Abdee mengaku pula, ketika sakit ia merasa tubuhnya lemas tak berdaya.

"Ginjal itu kaya saringan yang menyaring. Kalau saringan enggak ada (asupan) makanan, yang ada jadi racun. Ya, risikonya banyak, reaksinya biasanya lemas, sakit kepala, enggak ada tenaga, macem-macem ya," tutur Abdee.

Ia juga mengaku kini sedang menjalani perawatan khusus. Namun, ia tak menjabarkan jenis dan seperti apa perawatan itu.

"Semua penyakit ini saya rasakan sudah dari empat tahun yang lalu. Sekarang, sudah ada treatment, saya sudah belajar banyak dengan penyakit ini," ucap Abdee.

Sambung Abdee, dokter yang merawatnya mengharuskan ia menjalani operasi ginjal untuk memerbaiki fungsi ginjalnya.

"Segala kemungkinan bisa terjadi. Secara kemungkinan bisa operasi, bisa juga enggak. Tapi, kata dokter, harus dioperasi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com