Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang Denny Sakrie hingga Michael Jackson di Java Jazz 2015

Kompas.com - 04/03/2015, 23:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Jakarta International Java Jazz Festival edisi ke-11, atau Java Jazz 2015, bakal menyuguhkan program spesial In Memoriam of Denny Sakrie "Bangga Musik Indonesia" hingga Tribute to Michael Jackson untuk mengenang para tokoh musik tersebut.

"Denny Sakrie adalah salah seorang pengamat, juga wartawan yang selalu mendukung Java Jazz Festival yang sejak pertama hanya sebuah gagasan. Beliau percaya, dengan kerja keras, orang Indonesia akan mampu membuat sebuah festival musik kelas dunia, dan itu terbukti hingga penyelenggaraan festival yang ke-11," kata President Director Java Festival Production, Dewi Gontha, selaku penyelenggara kegiatan ini, dalam jumpa pers Java Jazz 2015, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2015).

Pada program In Memoriam of Denny Sakrie "Bangga Musik Indonesia", Java Festival Production bekerja sama dengan penerbit GagasMedia merilis buku 100 Tahun Musik Indonesia.

"Saya terima kasih kepada yang membantu (merampungkan) buku ini. Saya tak pandai bicara, tapi buku ini mengingatkan saya kepada almarhum, dia selalu meluangkan waktunya menyelesaikan buku ini sampai akhir hayatnya," kata istri almarhum Denny, Mike Hendrawati, setelah meresmikan peluncuran buku 100 Tahun Musik Indonesia karya sang suami dalam jumpa pers yang sama.

Buku 100 Tahun Musik Indonesia memaparkan rekam jejak sejarah musik Tanah Air sejak 1905 sampai dengan 2005 yang berhasil dicatat Denny pada masa hidupnya. Buku tersebut bisa dibeli saat festival Java Jazz digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 6-8 Maret 2015.

Program berikutnya, sebuah kolaborasi yang belum pernah ada antara para vokalis band dan penyanyi solo pria terbaik Indonesia, yaitu Glenn Fredly, Marcell Siahaan, Sandhy Sondoro, Bams, dan Is "Payung Teduh", akan tampil dengan tajuk Tributer to Michael Jackson di D2 Main Stage pada Jumat (6/3/2015) pukul 20.45 WIB.

Proyek spesial pun berlanjut pada penampilan pianis kenamaan, Ananda Sukarlan, dengan proyek musik Rapsodia Nusantara, di Semeru Straight Ahead Jazz Hall, Minggu (8/3/2015) pukul 15.30 WIB. Pada hari yang sama, vokalis-vokalis perempuan legendaris, antara lain Ermy Kulit, Rien Djamain, dan Margie Siegers, akan kembali ke panggung pertunjukan Java Jazz dengan proyek The Ladies in Jazz. Mereka akan membawakan lagu-lagu populer masing-masing dengan nuansa jazz masa kini dan dikawal permainan musik dari grup Trust Orchestra (Trinity Youth Symphony Orhestra), di panggung D1 Hall, pukul 15.45 WIB. Sesudahnya, proyek Talk About Love dipilih vokalis kenamaan Ruth Sahanaya untuk merepresentasikan lagu-lagu cinta dengan nuansa jazz pada pukul 16.30 WIB di panggung D2 Main Stage.

Kolaborasi spesial pada Java Jazz kali ini akan menjadi tontonan yang sayang untuk dilewatkan.

"Kolaborasi antara musisi lokal dan mancanegara sudah menjadi program tahunan setiap kali festival musik jazz terbesar di Indonesia ini diadakan," kata Program Coordinator Java Festival Production, Eki Puradiredja.

Untuk tahun ini, lanjut Eki, Java Jazz akan mengolaborasikan artis musik Dwiki Dharmawan dengan Quartet Vilet Spin dari Australia.

"Sementara yang lainnya akan ada kolaborasi vokalis Reza Artamevia dengan Teza Sumendra. Lalu Sheila On 7 akan bermain satu panggung dengan Ron King Horn Section, dan tentu kolaborasi antara Dian Pramana Putra dengan pemain harmonika asal Jerman," tutur Eki.

"Lalu ada Tulus, penyanyi yang menduduki urutan nomor satu di radio-radio Tanah Air, akan kolaborasi dengan pemain trompet asal Amerika, Maurice Brown," imbuhnya.

Total, akan ada 16 panggung yang digelar selama tiga hari diselenggarakannya Java Jazz 2015 ini. "Tahun ini kami ada 16 stage, ada 55 international artists, 87 Indonesian artists, dan ada 64 shows dalam satu hari," tuntas Eki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com