Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jagoan Lokal Marcelino Lefrandt

Kompas.com - 12/03/2015, 17:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Prihatin karena komik atau cerita jagoan asli Indonesia terus tersingkir dari dunia anak-anak, Marcelino Lefrandt (40) berencana membuat tokoh komik dari semua provinsi di Indonesia. Tokoh-tokoh tersebut akan masuk dalam komik superhero yang telah dibuatnya, Volt.

"Dari kecil saya suka Gundala Putera Petir, selain Superman tentunya. Makin ke sini, anak-anak makin jarang yang tahu siapa itu Gundala. Lalu saya terpikir, kenapa saya tidak bikin jagoan yang berdasarkan cerita rakyat atau legenda setempat?" ungkap suami Dewi Rezer ini, di Jakarta, Sabtu (7/3/2015).

Di komik Volt, Marcelino telah mengeluarkan salah satu jagoan yang membantu tokoh utama. Nama jagoan ini Manguni, yang diambil dari mitologi masyarakat Manado, Sulawesi Utara. Di Manado, Manguni atau burung hantu bukan sekadar burung biasa, melainkan juga sebagai pelindung masyarakat.

"Nilai sebagai pelindung itu yang kita angkat dalam komik. Nantinya akan ada 30-an jagoan berdasar mitologi ataupun kekhasan provinsi masing-masing di Indonesia," tambah ayah dua anak ini.

Marcelino memang fokus menggarap komik. Selain Volt, pria kelahiran Manado ini juga telah mengeluarkan komik superhero lainnya berjudul Jawara Indonesia dan Valentine.

Penasaran dengan komik-komik Marcelino? Cari dan baca komiknya. (JAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com