Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Fals Ajak OI Jaga Kelangsungan Hidup Tukik

Kompas.com - 16/03/2015, 16:29 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

KUTA, KOMPAS.com -- Artis musik kenamaan Iwan Fals (53) bersama sang istri, Rosana, mengajak para penggemar setianya yang disebut Orang Indonesia (OI), melestarikan alam sekitar, mencintai pantai, dan menjaga kelangsungan hidup bayi penyu atau tukik.

"Terima kasih buat OI yang hadir di pantai Kuta. Mari kita yang tinggal di pesisir menjaga pantainya, menjaga tukik, menjaga ikannya, saling menghargai alam. Kita masih memiliki harapan untuk Indonesia," pesan Iwan memberi sambutan acara bersih-bersih lingkungan dan melepas tukik di pesisir Pantai Kuta, Badung, Bali, Minggu (15/3/2015).

Seorang anggota OI dari Malang, Hadi Purwoko mengaku senang dengan kegiatan ini. Apalagi, sebelumnya ia bisa menonton konser Nyanyian Raya yang digelar Iwan di Garuda Wisnu Kencana, Uluwatu, Badung, Bali, pada Sabtu (14/3/2015) malam.

"Ya dengan menonton konser di Bali kan bisa bertemu dengan OI lain seluruh Indonesia. Kami bisa kenalan, bisa saling tukar pikiran, kami semua penggemar Iwan Fals sangat senang bisa berkumpul di Bali. Apalagi bisa (berkumpul) di Pantai Kuta," kata Hadi.

Sekadar informasi, dari ratusan butir telur yang dikeluarkan oleh seekor penyu betina, paling banyak hanya belasan tukik yang berhasil sampai ke laut kembali dan tumbuh dewasa. Itu pun tidak memerhitungkan faktor perburuan oleh manusia dan pemangsa alaminya, yakni kepiting, burung dan tikus di pantai, serta ikan-ikan besar begitu tukik tersebut menyentuh perairan dalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com