Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sang Bintang Tak Percaya "The Sound of Music" Sudah 50 Tahun

Kompas.com - 19/03/2015, 12:24 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com -- The Sound of Music, film peraih Piala Oscar pada 1965 yang merupakan adaptasi dari pertunjukan musikal berjudul sama karya Rodgers & Hammerstein, merayakan ulang tahun ke-50 pada 2015. Julie Andrews, bintang film tersebut, mengaku tak percaya bahwa film itu sudah berumur 50 tahun.

"Ini momen yang indah untuk dirayakan. Saya telah mengatakan, rasanya seperti lelucon yang tidak lucu, karena film itu seharusnya hanya 30 tahun yang lalu, bukannya 50," tutur aktris berusia 79 tahun tersebut.

Mungkin banyak film musikal lain dari AS yang sama-sama dipuja. Misalnya, Cabaret dan West Side Story. Namun, sedikit yang begitu dicintai sebagaimana The Sound of Music.
 
"Film ini menyentuh, karena dibuat sangat baik dengan musik yang indah dan banyak aset besar seperti pemandangan dan pegunungan dan anak-anak, serta petualangan dan kisah cinta, dan semua itu," tutur Andrews lagi.

Untuk menghargai film yang merupakan tonggak sejarah itu, perusahaan film 20th Century Fox merilis koleksi lima keping Blue-ray/DVD, peluncuran kembali lagu-lagunya, dan penayangan kembali film itu dalam TCM Classic Film Festival 2015 di Hollywood, California, AS, akhir Maret 2015, dan di lebih dari 500 gedung bioskop di AS, April 2015.

Empat buku baru mengenai film tersebut akan diterbitkan. Penayangan episode khusus program 20/20, yang dipandu oleh Diane Sawyer di jaringan televisi ABC, Rabu (18/3/2015) waktu setempat, akan menampilkan wawancara atas Andrews di Austria, yang menjadi lokasi pengambilan gambar film tersebut.
 
Kapal pesiar Princess Cruises juga akan merayakan ulang tahun film itu dengan penayangan khusus dan acara menyanyi bersama.

Pertunjukan musikal dan film The Sound of Music merupakan kisah mengenai kehidupan Maria Von Trapp pada 1930-an, yang di Austria menjadi pengasuh anak-anak, mengajari mereka menyanyi, dan kemudian jatuh cinta kepada majikannya, seorang kapten angkatan laut bernama Von Trapp. Keluarga tersebut kemudian melarikan diri sebelum Perang Dunia II.

Namun, tidak semua orang bersemangat merayakan ulang tahun film itu, terutama aktor berusia 85 tahun, Christopher Plummer, yang bermain sebagai Kapten Von Trapp. Sebelumnya, Plummer telah mengejek film tersebut dengan sebutan The Sound of Mucus atau Suara Ingus.
 
"Saya tidak pernah mengkritik film tersebut. Saya hanya mengkritik pengalaman memainkan peran yang saya kira tidak terlalu menarik, itu saja," ujar Plummer.

Andrews tidak mengambil hati pandangan Plummer dan keduanya masih berteman. Malah, penampilan Plummer yang dingin mungkin membantu film itu.
 
"Ia memberikan rasa masam yang dibutuhkan film yang agak terlalu manis ini," kata Andrews.

"Ia bermain sangat hebat dan kami masih bersahabat sangat baik," tambah Andrews.
 
Sebelum tahun ini, The Sound of Music tidak pernah hilang dari budaya populer. Kelly Clarkson dan Mary J Blige baru-baru ini menyanyikan ulang "My Favorite Things" dan jaringan televisi NBC menarik penyanyi Carrie Underwood untuk bermain sebagai Maria Von Trapp dalam versi langsung film itu pada 2013, yang menarik 18,6 juta pemirsa.

The Sound of Music tidak jelek untuk film yang dibuat dengan biaya 8 juta dollar AS. Namun, film itu tak dipuji juga oleh para pengamat film. Salah seorang dari mereka malah menyebut film itu kebohongan yang dibungkus gula.

Film tersebut meraih lima piala Oscar dan merupakan film box office ketiga terbesar sepanjang masa setelah Gone with the Wind dan Star Wars.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com