Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rima Melati: Frans Tumbuan Sakit Gula

Kompas.com - 23/03/2015, 14:57 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Berita duka datang dari dunia perfilman. Aktor senior Frans Tumbuan meninggal dunia dalam usia 74 tahun di Rumah Sakit Mayapada, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (23/3/2015) pukul 00.43 WIB. Pihak keluarganya menyatakan, Frans menderita penyakit diabetes.

"Suami saya sakit gula (diabetes). Kalian jangan sering makan yang enak-enak ya. Mohon doanya, suami saya sudah di surga. Saya juga akan mendoakan teman-teman semua supaya sehat juga," tutur artis peran kenamaan Rima Melati, istri Frans, kepada para peliput yang hadir di rumah duka, Ruang Gabriel, Rumah Sakit Saint Carolus, Jakarta Pusat, Senin ini.

Dua minggu sebelum Frans meninggal, dalam wawancara per telepon oleh Kompas.com, Rima mengatakan bahwa kondisi suaminya telah membaik, walaupun masih berada di ruang ICU Rumah Sakit Mayapada.

"Masih di ICU, tetapi kondisi sudah membaik. Doakan saja semoga beliau cepat sehat dan segera pulang dari rumah sakit," tutur Rima pada 9 Maret 2015.

Namun, pada Senin (23/3/2015) dini hari, kondisi Frans menurun hingga akhirnya mengembuskan napas terakhir.

Aditya Tumbuan, putra keempat Frans, yang ditemui di rumah duka, menyatakan bahwa ayahnya memang menderita diabetes.

"Awalnya, gula tinggi, terus (fungsi) ginjalnya (terganggu). Dengan itu, otomatis semua penyakit enggak tertahan. Terakhir, ada infeksi di paru-paru beliau. Jadi, tolong diralat, beliau meninggal bukan karena kanker, melainkan karena sakit gula. Kadar gulanya sampai 750 pas terakhir dicek," terang Aditya.

Menurut rencana, jenazah Frans akan dimakamkan pada Rabu (25/3/2015) di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Frans semasa hidupnya bermain dalam banyak film. Film-filmnya pun beragam jenis, dari drama hingga laga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com