Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shanty Paredes: Mulai dari Rumah

Kompas.com - 31/03/2015, 16:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS -- Kehadiran penyanyi Shanty Paredes (36) dalam kampanye Global Earth Hour 2015 di mal Senayan City, Jakarta, Sabtu (28/3) malam, membuat suasana lebih meriah. Ia membagikan pengalaman tentang aksi cinta bumi dari dalam rumahnya.

"Aku memang belum melakukan seperti yang Davina dan Nadine lakukan, tetapi aku memulai dari hal paling kecil dari dalam rumahku," tutur mantan VJ MTV yang sejak menikah ikut suaminya tinggal di Hongkong itu.

Malam Minggu lalu, Shanty hadir dalam kampanye Earth Hour bersama Davina Veronica (Duta World Wildlife Fund), Nadine Chandrawinata, Nadina Zamira (Miss Earth Indonesia 2009), model Aline Adita, dan pemain film Pevita Pearce. Acara tersebut diadakan di aula mal yang remang-remang karena Senayan City memadamkan lampu selama satu jam.

Saat ini Shanty selalu membawa tas belanja sendiri dan memilah sampah di rumahnya, yang bisa didaur ulang dan yang tidak bisa. Cara itu setidaknya memudahkan petugas kebersihan.

Kesadaran bahwa setiap orang harus peduli dan memelihara bumi lewat meminimalkan pemakaian plastik, tak membuang sampah sembarangan serta memilahnya muncul ketika ia punya anak. "Setelah punya anak baru muncul kesadaran itu. Sebelumnya gua agak cuek," katanya berterus terang.

Ia lalu menceritakan kondisi di Hongkong dan Jakarta. "Kalau belanja di sana, enggak bawa tas belanjaan sendiri, orang ngeliatin dan memunculkan kata seperti... yaelah.... Sementara di sini aku belanja ayam tiga potong kecil-kecil, dibungkus di tiga tempat terpisah. Padahal sebenarnya bisa dijadikan satu aja," urai Shanty. (TRI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com