Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christine Hakim Utamakan Sehat daripada Awet Muda

Kompas.com - 01/04/2015, 10:01 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi artis peran senior Indonesia, Christine Hakim, menjaga kesehatan lebih penting daripada berpikir untuk menjadi awet muda.

"Saya tidak pernah berpikir untuk awet muda, yang penting bagaimana menjaga kesehatan," tuturnya dalam wawancara sebelum jumpa pers film Guru Bangsa Tjokroaminoto yang dibintanginya, di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/3/2015).

Di usianya yang ke-58, bintang film Tjoet Nja' Dhien (1988) tersebut masih aktif dan bersemangat dalam menjalani kariernya di dunia perfilman. Ia mengaku telah menjaga kondisi kesehatan sedari kecil. "Aku mulai dari kecil dan sangat beruntung punya orangtua yang mewajibkan anaknya menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Saya suka berenang, berkuda, dan senam," kata Christine.

Meminum jus sayuran dan buah, lanjut Christine, juga merupakan salah satu strateginya dalam menjaga kondisi kesehatan. "Masyarakat Indonesia itu kaya akan sayuran. Saya banyak minum jus sayur dan buah. Segala macam sayur, saya kadang campur dengan jeruk nipis dan madu, dan kadang buah tergantung selera. Seminggu lima kali saya konsumsi jus karena manfaatnya bagi kesehatan luar biasa," tuturnya.

Christine menganjurkan mereka yang sudah berusia di atas 40 tahun untuk lebih disiplin menjaga kesehatan. "Harus lebih disiplin karena di usia 40 tahun akan timbul gejala penyakit, harus ada penyesuaian dengan usia kita. Apalagi usia diatas 50 tahun harus pikir kehidupan masa depan karena dekat dengan ketentuan dari Tuhan," tekannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com