Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratna Listy: Musik Tradisional Kurang Bergaung

Kompas.com - 16/04/2015, 23:51 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis dan artis peran Ratna Listy (41), mengaku prihatin karena kurangnya penghargaan terhadap musik tradisional di Indonesia. Ibu dua anak ini menyayangkan apresiasi yang besar justru datang dari luar negeri dibanding dari Tanah Air.

"Musik tradisional itu sekarang lebih banyak mendapatkan apresiasi justru di luar negeri. Bagus sih. Tapi di Indonesia kurang gaungnya," ucap Ratna dalam wawancara di acara peresmian Sekolah Musik Tradisional Gratis, di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (16/4/2015).

Sebagai penyayi keroncong, dia berharap pemerintah dapat menyediakan lebih banyak ruang berekspresi bagi seniman-seniman musik tradisional. Kata Ratna, musik tradisional memang masih dilestarikan di daerahnya masing-masing. Tetapi, secara nasional musik daerah kurang mendapatkan tempat, terutama di kalangan generasi muda.

"Menurutku kita kan punya fasilitas gedung kesenian Jakarta. Kalau dibikin acara mingguan musik tradisional Indonesia, akan sangat luar biasa. Saya yakin seniman musik tradisional sangat banyak. Mereka pasti mengharapkan media untuk berekspresi. Jangan cuma setahun sekali," tutur Ratna.

"Jadi musik tradisional harus tetap bersinar, jangan sampai punah dan diklaim bangsa lain," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com