Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

d'Rumah Harmoni: Salam Tiga Jari untuk Indonesia yang Wow

Kompas.com - 24/04/2015, 15:58 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Komunitas musik d'Rumah Harmoni yang diwakili oleh artis musik Oppie Andaresta, Bimbim "Slank", Ridho "Slank", dan Michael Jakarimilena, mengupas tuntas arti kode salam tiga jari yang juga merupakan salah satu judul lagu dari album d'Rumah Harmoni ketika tampil dalam program bincang-bincang musik K-Akustik yang disiarkan secara live streaming di Kompas.com, Kamis (23/4/2015), pukul 16.00 WIB.

"Salam tiga jari itu ide kami dan kami juga yang ngusulin ke Pak Jokowi setelah dia terpilih jadi presiden. Tadinya dia mau begini (tempel jari tengah, jari manis, jempol, sisanya angkat ke atas), tapi kami bilang jangan," ungkap Bimbim mewakili Oppie, Michael, dan Ridho "Slank".

"Arti salam tiga jari itu oke, wow, cool kayak Indonesia," imbuh pemilik nama lahir Bimo Setiawan Almachzumi ini.

Oppie menambahkan, lagu "Salam Tiga Jari" dicipta bukan karena d'Rumah Harmoni mendukung salah satu pihak, tetapi lebih kepada ajakan untuk bersatu. Lirik bagian refrain-nya yang berbunyi, "Salam tiga jari persatuan Indonesia. Tempel jempol, telunjuk, sisanya angkat ke atas" menyimbolkan persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kami bukannya pro ke salah satu pihak ya. Kemarin kita saling berbeda pandangan. Ada yang dukung nomor 1 dan ada yang dukung nomor 2. Tetapi, dengan salam tiga jari ini kami mau ngajak yang di kubu nomor 1 dan nomor 2 untuk bersatu, kan kita satu nusa satu bangsa," kata Oppie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com