Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramon Y Tungka Khawatir Dampak Berita UN

Kompas.com - 02/05/2015, 22:03 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Ramon Yusuf Tungka (28) berpendapat, pemberitaan ujian nasional (UN) yang disorot media massa secara terus menerus, dapat menimbulkan dampak psikologis bagi para siswa.

"Gue dulu zaman sekolah gitu biasa-biasa aja hadapin ujian yang namanya masih Ebtanas. Zaman sekarang ujian nasional sampai masuk TV gitu, menurut gue itu bisa menimbulkan sugesti dan dampak psikologis yang enggak bener ke anak-anak yang nantinya akan hadapi ujian nasional. Itu yang bisa bikin mereka takut," kata Ramon dalam wawancara usai nonton bareng film Toba Dreams, di XXI Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (30/4/2015) malam.

Suami Puteri Indonesia 2009, Qory Sandioriva itu berharap dampak buruk itu tak sampai terjadi. "Sekarang kalian tanyalah ke anak-anak yang nantinya akan menghadapi ujian nasional, yang masih kelas X atau XI SMA. Mereka tuh dag dig dug menghitung hari dan ngebayangin gimana mereka nantinya pas kelas XII kalau hadapin UN. Nah, tayangan-tayangan atau isu-isu seputar UN akan bikin mereka tambah takut. Itu jangan sampai terjadi. Jangan sampai fenomena UN bikin mereka takut menghadapinya," lanjutnya.

"Kalau UN aja udah takut, gimana nanti kalau masuk dunia kerja?" imbuhnya.

Karena itu, ayah satu anak ini berharap agar para siswa tidak takut ketika menghadapi UN tingkat SMP dan sedarajat pada 4-7 Mei 2015 mendatang. "Gue berharap standar sih buat pendidikan di Indonesia, ujian nasionalnya dipermudah deh. Jangan sampai anak-anak itu takut hadapi ujian nasional," ujar Ramon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com