Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artis dan Model Terjual, RA Dapat Rp 20 Juta-Rp 30 Juta Per Bulan

Kompas.com - 11/05/2015, 14:20 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mucikari atau germo berinisial RA (32) mengaku memperoleh penghasilan Rp 20 juta-Rp 30 juta per bulan dari hasil menjajakan artis dan model dalam bisnis prostitusi.

"Saya turun tangan sendiri. Dapat Rp 20 juta-Rp 30 juta satu bulan. Itu kalau ada job," ucapnya dalam wawancara di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Senin (11/5/2015).

Namun, menurut RA, pendapatan itu tak tentu. Angka itu bergantung pada kesepakatan harga antara artis dan pelanggan yang bersangkutan. RA mengaku pula mengambil bagian sebesar 20 persen dari harga tersebut.

"Dua puluh persen keuntungan tergantung deal harga berapa itu, tergantung satu bulan ada berapa (artis dan model). Biasanya ada satu, ada dua. Itu tidak semua saya dapat, kadang hanya Rp 1 juta sampai Rp 3 juta, sisanya yang melayani," ujarnya.

Umumnya, menurut RA lagi, para pelanggan yang memesan jasa pelayanan prostitusi dari artis dan model kepadanya berasal dari kalangan pengusaha. RA sendiri menjajakan artis dan modelnya melalui Blackberry Messenger (BBM), Whatsapp, ataupun dari mulut ke mulut. Biasanya artis dan model itu sendiri yang menemuinya untuk dicarikan pelanggan.

"Mereka (artis dan model) dengan sendirinya menawarkan diri. Kami connect dari teman ke teman, tanpa ada paksaan," ucap RA.

Penangkapan dan penahanan RA dilakukan oleh Polres Metro Jakarta Selatan pada Jumat (8/5/2015) di sebuah hotel berbintang lima di Jakarta Selatan. Pada kesempatan yang sama, seorang perempuan yang diduga artis sekaligus model majalah dewasa, AA, ikut terjaring dan dijadikan saksi.

RA dalam pengakuannya kepada polisi mengatakan, para artis dan modelnya dijajakan dengan harga Rp 80 juta hingga Rp 200 juta per orang. Setiap calon pelanggan harus membayar uang muka 30 persen, dua hari sebelum dilayani. Setiap calon pelanggan akan dipertemukan dengan artis dan model bersangkutan jika uang muka sudah ditransfer dan masuk ke rekening yang ditentukan oleh RA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com