Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album The Beatles Jadi Mata Pelajaran di Inggris

Kompas.com - 15/05/2015, 09:30 WIB
KOMPAS.com — Album Sgt. Pepper's Lonely Heart Clubs Band dari band pop legendaris The Beatles akan menjadi salah satu subyek pilihan di GCSE, ujian nasional untuk sekolah menengah Inggris.

Para murid yang memilihnya akan mempelajari tiga nomor dari album tersebut, yaitu "With A Little Help From My Friends", "Within You Without You", dan "Lucy In The Sky With Diamonds".

Mereka juga boleh melakukan deejaying saat membawakannya, yang merupakan salah satu bagian dalam ujian musik GCSE selain pemahaman musik dan komposisi musik.

Badan penguji Inggris, AQA, mengatakan, The Beatles layak dipelajari karena berperan besar dalam "membentuk musik pop".

Hal yang akan menjadi kajian para murid adalah berbagai aspek dari ketiga lagu tersebut, yaitu melodi, harmoni, struktur, ritme, dan maknanya.

Lagu "Lucy In The Sky With Diamonds" dianggap merujuk pada obat bius LSD karena huruf pertama dari ketiga kata benda dalam judul tersebut.

Namun, John Lennon—yang menulis liriknya—menegaskan, sumber inspirasi adalah sebuah gambar yang dibuat putranya yang saat itu berusia lima tahun.

Selain lagu The Beatles itu, album Supernatural dari gitaris terkenal, Carlos Santana, juga termasuk dalam subyek yang bisa dipelajari, selain sejumlah karya klasik, antara lain dari Joseph Haydn dan Aaron Copland.

AQA mengatakan, usulan sudah diajukan dan menunggu pengesahan dari Ofqual, badan yang mengatur kualifikasi pendidikan di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com