Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jon Bon Jovi Bermain Gitar di Pidato Wisuda Universitas Rutgers

Kompas.com - 22/05/2015, 10:10 WIB
CAMDEN, NJ, KOMPAS.com — Roker Jon Bon Jovi tidak bisa menahan diri untuk tidak bermain gitar pada Kamis (21/5/2015) ketika memberikan nasihat kepada lulusan Universitas Rutgers di kampus Camden, AS.

Upacara wisuda itu diadakan di Susquehanna Bank Center, sebuah tempat konser di mana band Bon Jovi pernah tampil.

Penyanyi asal New Jersey itu memainkan lagu baru "Reunion," yang katanya merupakan hadiah bagi para lulusan universitas tersebut. Liriknya dimulai dengan kata-kata, "Ini bukan akhir cerita, temanku, ini hanya sekelumit cerita di perjalanan kita."
 
Rutgers-Camden, universitas yang membanggakan keterlibatan sipil mereka di kota yang tercatat sebagai salah satu kota termiskin di Amerika, memberikan Bon Jovi gelar doktor bidang sastra untuk menghormati jasa-jasanya selama karier hiburannya dan sejarah filantropinya yang fokus kepada tunawisma dan kemiskinan.

Ia membantu membangun perumahan di Philadelphia, penampungan bagi tunawisma di Camden, serta mendirikan Restoran Red Bank yang menyediakan makanan bagi para tunawisma dan lainnya.

Bon Jovi mengatakan, ia memutuskan untuk bertindak tentang isu tunawisma ketika ia memandang keluar jendelanya di Philadelphia pada 2006 dan melihat seorang tunawisma di jalan. "Saya tidak butuh seorang ilmuwan untuk mencari jalan keluarnya," katanya kepada para wisudawan. "Saya butuh seseorang yang mau membantu saya untuk membantu mereka yang membutuhkan."
 
Setelah itu, ia mulai bekerja bersama kelompok-kelompok yang sudah bekerja untuk mengatasi masalah tunawisma.

Ini bukan pertama kalinya Bon Jovi menerima gelar kehormatan. Ia juga menerima gelar tersebut tahun 2001 di Universitas Monmouth, New Jersey.
 
Gelar kehormatan lainnya diberikan pada pendiri Equal Justice Initiative, Bryan Stevenson, seorang pengacara, profesor, dan penulis, yang mengatakan kepada para wisudawan untuk mendekat pada orang-orang yang kesulitan dan berada dalam kemiskinan bila mereka ingin mengubah dunia.
 
Ia mengatakan, Amerika perlu harus mengurangi penahanan terhadap orang-orang yang melakukan kejahatan kecil dan mengatasi sejarah perbudakan dan ketidakadilan rasial.

Bon Jovi adalah orang pertama yang bertepuk tangan di akhir pidato Stevenson. Sang roker mengatakan kepada hadirin, "Saya merasa peran pembicara utama dan pembicara pembuka terbalik di acara ini, hari ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber VOA News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com