Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Bramantyo: Dunia Film Itu Seram

Kompas.com - 23/05/2015, 09:29 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Hanung Bramantyo mengatakan bahwa industri film Tanah Air begitu seram. Menurut dia, porsi film nasional untuk tayang di bioskop kalah jauh dibanding film asing.

"Sekarang ini 70 persen film asing, malah yang lokal cuma 30 persen. Jadi kalau ngomongin aturan, enggak akan berlaku. Nah, begitu seramlah," ujar Hanung saat menjadi pembicara Youth Xperience Zone 2015 di Balai Sarbini, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (22/5/2015).

Menurut Hanung, undang-undang yang mengatur tentang penayangan film barat dengan porsi 40 persen di bioskop. Adapun film dalam negeri mendapat porsi tayang 60 persen di layar lebar. "Tapi kenyataannya terbalik," kata dia.

Namun, kata Hanung, kondisi saat ini telah membuat film asing, yang notabene dikuasai oleh Hollywood, lebih melekat di pikiran masyarakat. Tak jarang masyarakat Indonesia enggan datang ke bioskop untuk menonton film garapan anak negeri.

"Film Hollywood sudah nancap di kepala masyarakat. Kita kejebak dengan itu. Orang-orang pasti lebih milih nonton Avengers, Harry Potter, Madmax," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com