Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Sutradara Pilih Ardian Archard Jadi Ali Topan

Kompas.com - 24/05/2015, 16:04 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film Ali Topan Anak Jalanan (1977), yang dibikin berdasarkan novel berjudul sama karya Teguh Esha, akan diproduksi lagi. Untuk pemeran Ali Topan, sang sutradara Ali Topan Anak Jalanan versi baru, John de Rantau, memilih Ardian Archard. Ardian belum pernah main film layar lebar, meski ia pernah tampil dalam film pendek.

"Untuk pemeran Ali Topan, pilihan saya jatuh ke Ardian. Dia ini mahasiswa perfilman IKJ (Institut Kesenian Jakarta)," kata John dalam wawancara sesudah jumpa pers praproduksi film Ali Topan Anak Jalanan di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat lalu (22/5/2015).

John beralasan bahwa pilihannya itu untuk benar-benar memunculkan spirit Ali Topan.

"Sebuah film memungkinkan kita untuk memperkenalkan aktor-aktor yang benar-benar baru atau gres. Saya tidak mau tokoh Ali Topan ditebengi oleh aktor yang sudah punya nama. Kalau diperankan oleh aktor yang sudah punya nama, saya takut tokoh Ali Topan-nya tidak muncul, karena terjebak oleh image aktor-aktor tersebut. Makanya, saya pilih Ardian, yang benar-benar baru. Saya harap Ardian jadi icon baru sebagai seorang Ali Topan," ujarnya.

Menurut John, secara fisik dan soul Ardian memenuhi kriteria untuk memerankan sosok tersebut.

"Saya ngelihat sosok Ardian dulu. Fisik dan anatomi tubuhnya pas, lalu baru saya cari soul-nya. Umurnya juga pas. Lagipula, dia tidak asing dengan film karena juga pernah jadi pemeran utama dalam film pendek yang dibuat di kampusnya," tutur John.

"Saya yakin syarat-syarat untuk perankan Ali Topan ada dalam diri Ardian," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com