Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peniup Terompet Marcus Belgrave Meninggal Dunia

Kompas.com - 25/05/2015, 10:53 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Peniup terompet sekaligus musisi jazz AS, Marcus Belgrave, yang telah tampil bersama beberapa nama besar dalam bidang musik jazz termasuk Ray Charles dan Dizzy Gillespie, meninggal dunia pada Minggu (24/5/2015) di usia 78 tahun.

Musisi asal Detroit tersebut meninggal di Ann Arbor, Michigan, karena gagal jantung, lapor Detroit Free Press.

Belgrave punya pengaruh besar di kancah musik jazz Detroit dan dia terus bermain hingga akhir hayat, bahkan sempat menyelenggarakan sebuah pertujukan singkat bersama sejumlah musisi lain di  ranjang rumah sakit, lapor surat kabar itu. "Ia menjadi seorang mentor untuk seluruh generasi musisi, dan banyak dari kami tidak akan menemukan musik (jazz) tanpa dia," kata pemain bas Rodney Whitaker kepada Free Press.

Belgrave mulai meniup terompet sebagai seorang profesional ketika usianya baru 12 tahun, dan dia bermain bersama Ray Charles di akhir tahun 1950-an dan awal 60-an.

Dia juga bermain bersama beberapa musisi jazz hebat Amerika termasuk Max Roach dan Charles Mingus. "Jika saya (bermain) bersama Marcus Belgrave, saya akan punya band yang hebat," kata Mingus kepada majalah Down Beat tahun 1975, ketika meratapi kenyataan bahwa dia tidak bisa membujuk Belgrave untuk meninggalkan Detroit dan pindah ke New York.

Kontribusi Belgrave juga mencakup semangat untuk mengajar. Dia menjalan sebuah tempat latihan untuk membantu para calon musisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com