Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggun Wajibkan Putrinya Berbahasa Indonesia

Kompas.com - 29/05/2015, 14:28 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik Anggun Cipta Sasmi (41) mengaku tak melupakan akarnya sebagai orang Indonesia. Itu juga yang ingin ia tanamkan kepada putrinya, Kirana Cipta Montana Sasmi (7).

Meski lahir dan besar di Perancis, kata Anggun, Kirana fasih berbahasa Indonesia.

"Aku kalau ngomong sama anakku hanya dengan bahasa Indonesia, enggak pernah dengan bahasa lain. Anakku, anak blasteran. Tapi, aku lebih suka anakku kayak gitu, daripada anak yang di sini yang enggak bisa bahasa Indonesia," ungkapnya dalam wawancara di Hard Rock Cafe, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (28/5/2015).

Anggun bercerita, kadang putrinya masih lupa dan menjawab pertanyaannya dengan bahasa Perancis. Contohnya, pernah suatu kali, Anggun bertanya kepada anaknya tentang pelajaran di sekolah. Lalu, sang anak menyahut dengan bahasa Perancis. Jika begitu, Anggun akan berucap, "Ngomongnya yang bener dong."

"Langsung, ngomongnya pelan-pelan, 'Ya, Mama, sorry Mama.' He he he, itu penting dong, dan tanggung jawabku sebagai orang Indonesia, orang Jawa, anakku itu harus pintar bahasa Indonesia," tuturnya.

"Namanya aja Kirana. Jadi, buat aku, bahasa itu penting karena identitas, jauh lebih penting dari apa yang tertulis di KTP atau paspor," tambah perempuan yang menjadi warga negara Perancis dan memegang paspor Perancis ini.

Juri Asia's Got Talent 2015 ini juga mengenalkan budaya Tanah Air kepada putrinya dengan rutin mengunjungi kerabatnya di Indonesia. Menurut Anggun, itu agar anaknya bisa bersentuhan langsung dengan budaya Tanah Air.

"Tiap tahun kita pasti ke Indonesia. Dia ketemu Eyang, Bude, dan Pak De," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com