Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Navicula Lebih Dekat dengan "Tatap Muka"

Kompas.com - 30/05/2015, 17:47 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Band psychedelic grunge dari Bali, Navicula, meluncurkan album kedelapan mereka, Tatap Muka, dengan konsep yang berbeda dari album-album Robi (vokal, gitar), Dankie (gitar), Made (bas), dan Gembull (drum) sebelumnya.

Tatap Muka hadir dengan konsep musik video akustik dalam format DVD. Artinya, penggemar disuguhi video penampilan Navicula yang memainkan lagu-lagu terbaru mereka secara live acoustic dengan dibantu oleh beberapa pemain tambahan.

Navicula pun mengenalkan Tatap Muka dalam sebuah pertunjukan tanpa jarak dengan penyuka musiknya, di Paviluin 28, Petogogan, Jakarta Selatan, Jumat (22/5/20150.

"Seneng sekali kami malam ini. Terima kasih teman-teman sekalian yang telah datang malam ini. Tatap Muka konsepnya adalah akustik, jadi enggak pakai over dub," kata Robi menyapa penonton yang hadir malam itu usai Navicula menyuguhkan "Dead Trees".

Berturut-turut Navicula kemudian membawakan dua dari album terbaru mereka antara lain "Is Me" dan "Tak Pernah Berubah". "Kami juga mau berterima kasih kepada musisi yang terlibat di penggarapan album ini yang juga hadir di sini. Ada Affan yang main perkusi dan juga Fendi yang main contra bass. Sebenarnya masih ada pemain featuring yang lain, tapi kali ini mereka aja yang ikut main di sini," ujar Robi diikuti tepuk tangan penonton.

"Enggak punya duit buat beli tiket soalnya, maklum band prasejahtera," imbuhnya dalam canda diikuti tawa penonton.

Asyiknya permainan akustik Navicula berlanjut dengan delapan lagu dalam album Tatap Muka. Mereka menyisipkan beberapa lagu dari album-album terdahulu mereka antara lain "Alien", "Zat Hijau Daun", "Busur Hujan", "Everyone Goes to Heaven", dan "Kau Datang" ke dalam daftar repertoar mereka.

Meski 13 lagu sudah ditampilkan, penonton yang sedari awal sangat menikmati tatap muka mereka dengan Navicula meminta satu lagu bonus alias encore.

"Satu lagi, Bli! Belum keringetan nih!," seru salah seorang penonton.
Robi, Dankie, Made, dan Gembull pun tak kuasa menahan godaan tersebut. Mereka nampak ingin membuat tatap muka mereka dengan penonton menjadi sebuah pertemuan yang menyenangkan dan berkesan.

Akhirnya, "Di Rimba" mereka alunkan dan membuat penonton benar-benar menikmatinya. Nyanyi bersama dalam suasana hangat pun tercipta menandai tatap muka yang bermakna.

"Matur suwun ya semuanya," tutur Robi mengakhiri penampilan mereka malam itu.

# KomunitasIndie

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com