Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andra Hirata: Saya Merasa Kurang Produktif

Kompas.com - 02/06/2015, 18:03 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tak terasa 10 tahun sudah penulis novel Andrea Hirata (38) berkarya. Hingga saat ini pria asal Belitung itu telah merilis sembilan novel. Namun, Andrea justru menganggap dirinya bukanlah penulis yang produktif.

"Saya merasa kurang produktif. Selama 10 tahun baru sembilan novel, seharusnya lebih," ucapnya usai peluncuran novel terbarunya, Ayah, di Gramedia Matraman, Jakarta Timur, Jumat (29/5/2015).

Menurut dia, bukanlah proses menulisnya yang membuat penyelesaian novel garapannya cukup lama, melainkan tahap riset yang ia lakukan sebelumnya. Kata Andrea, biasanya ia menulis novel hanya sekitar enam minggu. 

"Risetnya juga lumayan panjang dan ilmiah. Hampir 90 persen waktu untuk riset dan 10 persennya untuk menulis. Setelah riset, duduk di depan laptop bisa langsung lima bab selesai," ucapnya.

Sementara untuk menyelesaikan novel kesembilannya yang berjudul Ayah, Andrea membutuhkan waktu hingga enam tahun. Dalam karya terbarunya ini, kendala yang dia hadapi bukan lagi dari segi teknis misalnya diksi atau ide cerita. 

"Bagaimana menakarnya hingga menjadi cerita storytelling tapi tetap dengan landasan berpikir yang puitik dan diksi yang dianggap indah. Itulah yang menjadi masalah," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com