Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Hirata Pernah Ditawari Novel "Laskar Pelangi" Bajakan

Kompas.com - 03/06/2015, 21:11 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sukses dengan tetralogi novel "Laskar Pelangi" membuat nama penulis dari Belitung, Andrea Hirata (38), mulai diperhitungkan dalam dunia penulisan Indonesia maupun mancanegara. Namun, di balik suksesnya, ada kisah lucu sekaligus miris yang pernah Andrea alami berkait novelnya.

"Waktu jalan-jalan di suatu daerah, saya pernah ditawarin versi bajakan buku saya sendiri, 'Laskar Pelangi'. Tapi saya enggak kasih tahu penjualnya kalau saya penulisnya," ungkapnya dalam wawancara di Gramedia Matraman, Jakarta Timur.

Pengalaman menarik itu diceritakannya untuk membuktikan bahwa minat baca di Indonesia semakin meningkat. Apa korelasinya? Berdasarkan hasil tesis seseorang yang disampaikan kepadanya, buku bajakan "Laskar Pelangi" bisa mencapai empat kali lipat dari aslinya.

"Saya ikhlaskan saja. Tapi itu bukti lho. Minat baca di Indonesia naik pesat. Ada data yang saya peroleh, sebanyak 1.500 judul buku baru per bulan terbit di Indonesia. Itu satu indikasi bahwa minat baca terus meningkat," tutur Andrea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com