Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Dilelang, Gitar John Lennon yang Pernah Hilang

Kompas.com - 08/06/2015, 16:08 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Pada 1963, gitar Gibson yang diyakini pernah dimiliki oleh mendiang artis musik legendaris John Lennon, dianggap hilang. Lima puluh tahun kemudian, gitar Gibson J-160E milik gitaris amatir John McCaw dipastikan merupakan gitar yang pernah digunakan oleh Lennon ketika mencipta sejumlah lagu populer band legendaris The Beatles itu. Gitar tersebut akan dilelang menjelang akhir tahun ini.

Gitar yang dibeli oleh McCaw pada 1970-an dengan harga beberapa ratus dollar AS tersebut akan dilelang pada November 2015 oleh pihak balai lelang Julien dengan harga perkiraan 600.000-800.000 dollar AS.

"Gitar ini bisa hilang (terjual) dengan mudah," kata Darren Julien, pemilik dan kepala balai lelang di Los Angeles, California, AS, itu.

Gitar yang dimainkan oleh Lennon sambil menulis lirik untuk lagu-lagu seperti "Love Me Do", "She Loves You", dan "I Want to Hold Your Hand" tersebut menghilang di Inggris dan entah bagaimana bisa sampai ke San Diego, California.

Julien menyatakan bahwa belum ada penjelasan perihal misteri di balik sejarah gitar itu. Yang ia ketahui, pihak toko yang menjual gitar tersebut kepada McCaw tidak menyadari sama sekali betapa berharga gitar itu.

McCaw telah memiliki gitar tersebut selama beberapa dekade tanpa memodifikasi atau memperbarui gitar itu. Baru tahun lalu, salah seorang temannya menyadari hal tersebut, sesudah melihat buku Andy Babiuk, seorang ahli mengenai The Beatles yang telah mengonfirmasi memorabilia The Beatles itu.

Dalam pernyataannya yang dirilis, Babiuk menyebut bahwa awalnya ia tidak menghiraukan gitar tersebut. Ia menerima telepon dan e-mail dari banyak orang yang mengaku telah menemukan instrumen musik The Beatles, "Dan, 99 persen bukan apa-apa," sebutnya pula.

Yang membuat Babiuk tertarik akan gitar McCraw adalah nomor seri dan bentuk gitar tersebut. Selanjutnya, Babiuk mengamati bahan kayu gitar itu, yang ternyata cocok dengan gitar Lennon yang dianggap hilang tersebut.

"Tidak mungkin keliru, ini gitarnya," ucap Julien.

Gitar Lennon itu akan dipajang dalam dua pameran pada musim panas tahun ini. Pertama, di L.B.J Presidential Library di Austin, Texas, AS, pada 6-29 Juni waktu setempat. Setelahnya, di Grammy Museum, Los Angeles, California, pada 2 Juli-7 September waktu setempat.

Sesudahnya, gitar tersebut akan dipajang di balai lelang Julien pada 2-6 November 2015 waktu setempat, sebelum dilelang pada 6 dan 7 November 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com