Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poltergeist: Teror Roh Jahat dari Dimensi Lain

Kompas.com - 13/06/2015, 03:28 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

KOMPAS.com –- Kehidupan keluarga Eric Bowen (Sam Rockwell) langsung berubah ketika Amy Bowen (Rosemarie DeWitt), Kendra Bowen (Saxon Sharbino), Griffin Bowen (Kyle Catlett), dan Madison Bowen (Kennedi Clements) tiba di rumah baru mereka. Hal mistis dan roh jahat pun mulai meneror!

Judul: Poltergeist
Sutradara: Gil Kenan
Produser: Roy Lee, Sam Raimi, Robert G Tapert
Penulis Skenario: David Lindsay-Abaire
Bintang Film: Sam Rockwell, Rosemarie DeWitt, Jared Harris, Jane Adams, Saxon Sharbino, Kyle Catlett, Kennedi Clements, Nicholas Braun, Susan Heyward, Soma Bhatia.
Produksi: Metro-Goldwyn-Mayer
Distribusi: 20th Century Fox

Sebatang pohon tua dan sebuah lemari kuno menarik perhatian Griffin ketika menjelajah seisi rumah. Tanpa disengaja, Griffin melihat Madison tengah berbicara sendiri di depan lemari. Keanehan itu berlanjut hingga malam hari, suara-suara misterius membangunkan Griffin dari tidurnya. Ia pun menyusuri suara itu.

Rupanya suara tersebut semakin nyaring ketika Griffin mendekati lemari, ia langsung membukanya dengan cepat. Griffn terkejut ketika sebuah boneka badut jatuh tepat di hadapannya dengan mengeluarkan suara tawa yang menyeramkan. Ia pun kabur tunggang langgang.

Selang beberapa hari kemudian, kedua orangtua Griffin pergi keluar rumah untuk bersantap dengan relasinya. Hanya ada Griffin, Madison, dan Kendra di rumah yang akhirnya terungkap berhantu. Ketiganya mendapat teror yang menyeramkan dari makhluk halus hingga akhirnya Madison lenyap dibawa ke dimensi gaib saat membuka lemari yang telah lama dicurigai oleh Griffin.

Mendapati Madison lenyap, Eric dan Amy lantas meminta bantuan kelompok Departemen Riset Paranormal yang terdiri dari Brooke (Jane Adams), Boyd (Nicholas Braun), dan Sophie (Susan Heyward).

Dari kronologi cerita hilangnya Madison, Brooke menyimpulkan bahwa anak gadis itu telah dibawa oleh roh jahat. "Hantu tidak berbahaya dan tidak menakuti. Roh jahat menganggu dan menyakiti," ucap Brooke.

Setelah melalui serangkaian proses pencarian, akhirnya Brooke menemukan inti masalah yang terjadi di rumah itu. Rupanya kediaman keluarga Eric tersebut dahulu adalah kuburan. Fakta lainnya, ternyata Madison bisa berkomunikasi dengan roh dan makhluk halus.

Film Poltergeist (2015) merupakan film daur ulang dari film dengan judul sama yang popular pada 1982. Sutradara Gil Kenan cukup lihai membuat penonton ketakutan dengan alur cerita yang apik, bukan karena sosok hantu yang seram, melainkan efek kejut tanda kemunculan roh halus.

Tidak hanya soal gaib, Gil juga menyajikan penjelasan kesalahan teknis yang dibalut dengan mistis. Hal itu tampak ketika Brooke sedang menyusuri anak tangga, tiba-tiba ia tersetrum saat memegang peganggan anak tangga. Bahkan, ketika Erick dan sekeluarga tidur, lampu dan perangkat elektronik hidup secara tiba-tiba. Teror ini mudah ditebak karena di awal cerita Gil sudah menyelipkan percakapan antara Erick dan makelar properti bahwa rumah berhantu tersebut dulunya milik seorang ahli sains. Saat itu, rumah penuh dengan perangkat elektronik. Hal itu cukup menjelaskan nalar berpikir penonton walau tak kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com