Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rachmat Hidayat Meninggal karena Serangan Jantung Setelah Sempat Membaik

Kompas.com - 14/06/2015, 20:06 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Anak kedua dari almarhum aktor senior Indonesia Rachmat Hidayat, Enden Rosdiana Rachmawati (57) mengatakan bahwa ayahnya meninggal dikarenakan serangan jantung. Rachmat meninggal di hari ke-10 perawatannya di RS Borromeus, Jalan Ir H Djuanda, Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/6/2015).

"Kalau kata diagnosa dokter itu karena serangan jantung. Waktu di rumah sakit itu beliau merasa sakit di bagian dada," kata Enden saat ditemui di rumah duka tempat jenazah disemayamkan, Jalan Pasundan No 115 C, Kelurahan Pungkur, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Hal itupun dibenarkan istri dari anak ketiga almarhum Denny Djunjunan, yakni, Arika Prayogowati (39).

Arika mengatakan mertuanya itu masuk rumah sakit lantaran merasa sesak nafas. "Awalnya sesak nafas, terus dibawa ke rumah sakit," katanya.

Tahun sebelumnya, Rachmat mengalami hal serupa. Ia dilarikan ke rumah sakit lantaran sesak nafas.

"Tahun kemarin juga kayak gini, sesak nafas. Pokoknya, hampir sebelum puasa kayak gini. Dibawa ke rumah sakit, tahun sebelumnya sembuh, tetapi, tahun ini takdir berkata lain," ujarnya.

Sebetulnya, tambah Arika, tidak lebih dari dua hari sebelum kepergiannya, kondisi mertuanya itu semakin membaik jika dibandingka pada awal-awal masuk ke rumah sakit. Bahkan, hari Minggu ini, rencananya dokter mengizinkan pulang ke rumah mengingat kondisinya membaik.

Tatapi, takdir berkata lain. "Beliau itu sudah terlihat sehat, sudah senyum-senyum, ngobrol juga biasa, engga ada kendala apa-apa. Dan hari ini seharusnya jadwal pulang, eh, malah sudah dinyatakan enggak ada. Diagnosa dokter, katanya kena serangan jantung," kata Arika.

"Bahkan, sebelumnya sempat nonton bola di rumah sakit, nonton Indonesia vs Thailand di TV," kata anggota keluarga lainnya menambahkan.

Beberapa tahun ini, tambah Arika, memang kondisi kesehatan mertuanya itu tak sebugar kala muda dulu. "Ya, sekarang mah di rumah saja. Kalau pagi, paling berjemur di halaman sambil baca koran Kompas, enggak ke mana-mana," kata Arika.

Rachmat meninggal dunia pada usia 82 tahun kurang 16 hari. Rachmat pernah mengalami stroke dan kondisinya kian menurun. Ia menjalani perawatan di rumah sakit sejak 10 hari terakhir hingga meninggal dunia di RS Borromeus, Bandung, Minggu sekitar pukul 04.30 WIB.

Almarhum meninggalkan dua anak dan beberapa cucu. Ia dimakamkan di pemakaman keluarga di kawasan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Komunitas Harley-Davidson Club Bandoeng (HCB) turut mengantarkan aktor senior tersebut ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com