Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Sapardi Djoko Damono Menulis "Hujan Bulan Juni"

Kompas.com - 15/06/2015, 13:44 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengapa tentang hujan pada bulan Juni? Pertanyaan itu dilontarkan oleh seorang pembaca kepada penulis dan penyair kenamaan Indonesia, Sapardi Djoko Damono (75), dalam acara peluncuran novel Hujan Bulan Juni di Gramedia Central Park, Jakarta Barat, Minggu (14/6/2015). Sapardi pun menjawab dengan gaya santainya yang khas.

"Kalau saya tulis tentang hujan pada bulan Desember, Desember kan memang (musim) hujan. Kalau nulisnya hujan pada Desember, nanti enggak ada yang bertanya, 'Mengapa harus hujan pada bulan Juni?' He-he-he," tutur Sapardi, membuat mereka yang hadir tertawa.

Pada 1989, ketika ia menulis puisi yang menjadi hit tersebut, hujan memang tak pernah jatuh pada bulan Juni. Puisi itu ditulis oleh Sapardi sambil melihat telaga Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan.

"Tulis puisi itu di ruang kerja di perumahan dosen di Ciputat (Tangerang Selatan). Di belakangnya ada telaga Situ Gintung. Jendelanya menghadap ke telaga itu," ucap Sapardi.

Kemudian, seorang pembaca lain lagi bertanya, "Adakah yang lebih tabah dari hujan pada bulan Juni?" Ia mengacu pada bait puisi Hujan Bulan Juni yang berbunyi, "Tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni, dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu."

Sapardi menjawab, "Ada yang lebih tabah. Saya lebih tabah daripada hujan bulan Juni," dan lagi-lagi disambut tawa oleh mereka yang hadir dalam acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com