Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokalis Beberkan Isi Album Ketiga Efek Rumah Kaca

Kompas.com - 16/06/2015, 17:11 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah pengerjaan album ketiga Efek Rumah Kaca (ERK) beberapa kali tertunda, para personel band tersebut berharap album itu bisa selesai dan dirilis pada 2015.

"Penginnya (tahun ini), tetapi gue udah ngomong itu berkali-kali ya. Waktu ditanyain tahun 2013, pengin rilis tahun itu, 2014 juga gitu. Pengin banget sih dan mudah-mudahan, (karena) sekarang gue enggak kerja nih, jadi harusnya punya banyak waktu. Kalau kemarin memang karena manggung, kerja, jadi emang ribet gitu ya. Mungkin sekarang dengan enggak kerja, jadi seniman total, ada waktulah buat menyelesaikan," tutur Cholil Mahmud (vokalis, gitaris, dan pencipta lagu) sekaligus mewakili Adrian Yunan Faisal (bas dan vokal latar) dan Akbar Bagus Sudibyo (drum), ketika diwawancara di Galeri Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).

Cholil, yang baru saja kembali dari studi masternya di New York University, AS, menceritakan bahwa kini ERK sedang melanjutkan rekaman album tersebut.  

"Lagi rekaman. Jadi, sebelum gue pergi, gue tuh meninggalkan album yang sudah hampir jadi. Rencananya mau ngerekam dari sana, cuman enggak sempet, memang kuliahnya padet," katanya.

Cholil membeberkan, dalam album yang akan berisi enam lagu itu, ERK masih mengangkat potret kehidupan.

"Lebih banyak ke musiknya sih album sekarang. Maksudnya, kalau gambaran keseluruhan, enggak ada perbedaan dengan yang lalu-lalulah, potret sekarang dan harapan kami," ujarnya.

Namun, lanjut Cholil, ada eksperimen dalam musik mereka.

"Ada beberapa musik yang kami enggak pernah mainin pada album-album sebelumnya. Ada lagu yang hanya gitar doang, sama delay doang, sama suara canting gitu. Ada lagunya, tetapi instrumennya gitar doang, itu ada. Ada lagi yang cuma instrumental, sama humming (menggumam)," katanya lagi.

Adrian, pemain bas, pun memiliki banyak peran dalam menciptakan lagu serta mengisi vokal.

"Banyak yang nulis (lagu). Adrian juga, liriknya. Jadi, soal kehidupan Adrian, bagaimana dia menghadapi kehidupannya, ini mulai diangkat," kata Cholil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com