Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tagihan Listrik Melonjak, Titi DJ Mencereweti Anak

Kompas.com - 30/06/2015, 22:52 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com -- Vokalis Titi DJ tak menampik bahwa dirinya termasuk ibu rumah tangga yang cukup cerewet ketika mengetahui tagihan listrik di kediamannya melonjak dari biasanya. Karena itu, Titi mencoba urun pendapat dengan anak-anaknya yang beranjak dewasa, yakni Salmaa, Salwaa, dan Daffa mengenai masalah ini.

"Karena mereka sudah besar, saya lebih bisa mengajak mereka untuk urun pendapat. Misalnya saya lihat tagihan listrik melonjak, pasti saya ajak ngomong mereka apa penyebabnya," kata Titi dalam wawancara di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, baru-baru ini.

"Karena setelah saya selidiki ternyata pemakaian AC. Maunya dingin-dingin mereka, makin dingin makin banyak pakai energi listrik. 'Tolong dong lonjakan tagihan listrik tinggi banget, pokoknya bulan depan jangan gini'. Saya juga prostes, setelah saya sidak diam-diam, malam-malam lihat kamarnya, gila dingin banget," sambung Titi.

Titi mengaku bahwa kini anak-anaknya lebih mudah diajak berbicara dan diberikan pengertian. "Kasih pengertian pelan-pelan, 'Enggak perlu dingin-dingin kok AC-nya'. Saya bisa aja ngomong sekarang karena mereka udah mulai gede, mulai mengerti. Waktu kecil kan susah dikasih pengertiannya. Dikira mamanya uangnya banyak terus, padahal kan belum tentu," tutur Titi.

Mantan istri dari Bucek Depp ini juga menilai bahwa ia lebih suka jika sang anak menyatakan pendapatnya atau berargumentasi ketimbang hanya menjadi anak yang terlalu penurut.

"Kalau gede udah bisa argumentasi itu juga bagus, karena menurut saya anak-anak jangan hanya diajarkan menuruti kata orangtua mentah-mentah, tapi mereka juga harus bisa argumentasi, dengan begitu nanti mereka juga akan bersosialisainya enak, karena bukan tipe 'yes man' atau tipe 'ya bapak-ya ibu'. Mereka bisa berargumentasi," kata Titi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com