Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Addie MS: Aib, Indonesia Tak Punya Gedung Konser

Kompas.com - 02/07/2015, 14:53 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemusik Addie MS (55) mengatakan bahwa ketiadaan gedung konser di Indonesia merupakan aib. Menurut Addie, dengan jumlah besar penduduknya dan sederet artis musik berkualitasnya, Indonesia seharusnya mampu mencetak penghasilan besar dari industri musik.

"Aib juga Indonesia tidak punya gedung konser, sementara Singapura yang kecil itu punya beberapa. Indonesia hanya jadi pasar saja," ujar pemilik nama lahir Addie Muljadi Sumaatmadja ini kepada Kompas.com di kediaman anak pertamanya, artis musik Kevin Aprilio, Green Andara Residence, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Senin lalu (29/6/2015).

Menurut pemimpin Twilite Orchestra ini pula, negara-negara tetangga menyedot isi kantong banyak warga Indonesia yang menonton konser-konser di negara-negara lain itu.

"Orang Indonesia buang duit jadinya ke situ (Singapura). Terus, kita duitnya diserap Singapura, devisanya," katanya.

"Malah, pelaku seninya yang berkembang di Singapura," sambung suami penyanyi pop Memes ini.

Karena itu, Addie berharap banyak terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk memerhatikan keberlangsungan industri musik Tanah Air. Ia tak meminta secepatnya. Namun, setelah kondisi Indonesia kondusif, ia akan meminta kepada presiden.

"Aku ingin Pak Jokowi urusin yang gede dan penting-penting dulu. Nanti, ada waktunya aku akan minta gedung konser," ucap ayah dua putra, Kevin dan Tristan Juliano, ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com