Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christian Sugiono Fasilitasi Para "Tuna-asmara"

Kompas.com - 03/07/2015, 20:16 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Christian Sugiono (34) sengaja membangun situs web Setipe.com untuk memfasilitasi mereka yang belum memiliki pasangan alias tuna-asmara agar dapat menemukan jodohnya.

"Alasan utama bikin biro jodoh online pertama karena belum ada di Indonesia. Kami ingin bikin alternatif bagi para tuna-asmara untuk mencari jodoh. Karena bukan masalah laku atau tidak laku. Tapi masalahnya adalah jarang ketemu kesempatannya. Misalnya karena sibuk kerja," kata lelalki yang akrab disapa Tian itu dalam wawancara usai menghadiri acara buka puasa bersama dan pemutaran film Transformers: Age of Extinction, di UOB Plaza, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2015) malam.

Berdasarkan data statistik yang dihimpun situs web tersebut, kata Tian, orang Indonesia paling banyak mencari pasangan yang memiliki agama yang sama dan bukan pria perokok. "Orang Indonesia itu yang dicari kebanyakan yang seagama dan pria yang enggak merokok. Seru baca statistiknya," ujarnya

Statistik itu diperoleh dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada user atau pengguna situsnya saat akan memulai layanan biro jodoh.

"Kayak psikotes. Jadi kami pasangkan berdasarkan psikologi. Misalnya, menurut psikologi, cewek tipe ini cocok sama tipe cowok begitu. Nanti di-matching sama mesinnya," tutur Tian.

Sejak diluncurkan 2013 lalu, sampai saat ini sudah ada 400 ribu pengguna layananSetipe.com. "Match-nya, satu orang bisa lima sampai 10. Udah ada yang sampai menikah. Sampai ada yang datang ke kantor kami, kasih tahu kalau mereka sudah married," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com