Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridho Rhoma: Lebih Mahal Belajar dari Papa daripada Kuliah

Kompas.com - 06/07/2015, 11:23 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis dangdut Ridho Rhoma (26) mengaku, belajar musik dari ayahnya, legenda dangdut Rhoma Irama, jauh lebih mahal dibandingkan dengan melalui kuliah. Menurut Ridho, Rhoma sangat sibuk, sehingga amat jarang memiliki waktu untuk berdiskusi mengenai musik dengannya.

"Belajar sama Papa itu sangat mahal, karena waktu beliau ya. Ya, lebih mahal belajar sama Papa daripada kuliah," kata Ridho kepada para wartawan sesudah acara buka puasa bersama artis-artis MD Entertainment dan anak yatim piatu di kawasan Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (5/7/2015) malam.

Apalagi, lanjut Ridho, Rhoma juga menjadi komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) di bawah Kementerian Hukum dan HAM, selain bermusik. Dengan demikian, waktu ayah bersama anak itu terkikis.

Namun, sambung Ridho, untungnya selama bulan Ramadhan kali ini ia bisa rutin berbuka puasa dan menjalankan shalat tarawih dengan Rhoma.

"Ramadhan ketemu, buka sama tarawih bareng. Sahur sih jarang. Aku juga jarang sahur, karena pas buka udah makan malam. Jadi, udah kenyang. Paling, sahur minum air putih," ujarnya.

Ridho sekarang tengah menempuh pendidikan bidang audio engineering di lembaga pendidikan multimedia dan audio SAE Institute Jakarta.

"S1 di SAE. BT, teman-teman udah pada lulus, tapi aku belum. Angkatan? Ada deh. Yang pasti, aku kuliah tujuannya pengin ilmunya. Karena ilmu kan harta yang enggak abis-abis. Aku bisa pakai ilmu itu, kebetulan kerja di industri musik. Bekal untuk jadi produser bisa. Pengin naikin standar musik di Indonesia. Jadi, aku perlu belajar," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com