Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Legendaris Omar Sharif Meninggal Dunia

Kompas.com - 11/07/2015, 00:36 WIB
Bayu Galih

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Aktor legendaris Omar Sharif meninggal dunia di usia 83 tahun, Jumat (10/7/2015). Omar Sharif merupakan aktor yang dikenal berkat aktingnya di dua film drama klasik, Lawrence of Arabia dan Doctor Zhivago.

Pria kelahiran Alexandria, Mesir pada 10 April 1932 ini memulai karier aktingnya dengan bermain film di negeri kelahirannya. Kemudian, Sharif yang terlahir dengan nama Michel Demitri Chalhoub ini memulai karier film berbahasa Inggris pertamanya di Lawrence of Arabia pada 1962.

Dalam besutan sutradara David Lean, Lawrence of Arabia menuai kesuksesan, baik itu di mata kritikus juga secara komersil. Omar Sharif yang berperan sebagai Sherif Ali di film itu kemudian mendapatkan dua piala Golden Globe dan nominasi Oscar.

Nama Omar Sharif kembali mencuri perhatian Hollywood di film Doctor Zhivago. Kali ini, Omar Sharif menjadi bintang utama, sebagai Doctor Yuri Andreyevich Zhivago dengan latar belakang cerita saat Revolusi Rusia pada 1917. Film yang diangkat dari novel karya Boris Pasternak itu berhasil mengantar Omar Sharif kembali mendapatkan Golden Globe pada 1965.

Doctor Zhivago memang menjadi salah satu galeri akting terbaik Omar Sharif. Saat itu, dia rela untuk menghilangkan wajah khas Arabnya dengan rutin meluruskan rambut dan waxing. Sharif bahkan mengaku hampir mengalami mental breakdown untuk mendalami karakter Yuri Zhivago yang kehilangan keluarganya akibat revolusi.

Sharif kembali mendapatkan peran penting di Funny Girl. Dalam film musikal legendaris itu, Sharif berpasangan dengan aktris Barbara Streisand. Saat itu, akting Sharif dianggap tidak hanya mampu mengimbangi Streisand, tapi menjadikan Streisand tampil sangat cemerlang di film yang dianggap salah satu karya terbaik Streisand di sinema.

Akting Sharif juga menonjol saat berperan sebagai sejumlah tokoh nyata sejarah, seperti Che Guevara di film Che! dan Genghis Khan.

Awal tahun ini, Omar Sharif memang diketahui menderita penyakit Alzheimer. Ketika itu, sang anak, Tarek el-Sharif, mengungkap penyakit yang dialami ayahnya.

"Dia masih ingat kalau dia aktor terkenal. Dia ingat bermain di Doctor Zhivago, tapi lupa kapan film itu dibuat," ujar Tarek kepada koran Spanyol, El Mundo.

Sharif pun meninggal dunia setelah mengalami serangan penyakit jantung. "Dia mengalami serangan jantung sore ini di sebuah rumah sakit di Kairo," kata agennya, Steve Kenis, seperti dikutip dari BBC.

Kabar meninggalnya Sharif juga diungkap salah satu cucunya, Omar Sharif Jr. Dalam sebuah post di Facebook, Omar Jr mengunggah foto kakeknya, disertai tulisan "Aku cinta kamu".

Duka juga dirasakan aktor Antonio Banderas, yang pernah bermain bersama Sharif di The 13th Warrior. Dalam sebuah tweet, Banderas menyebut Omar Sharif sebagai "Salah satu yang terbaik".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com