Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Dua Hari, Pandji Pragiwaksono Berhasil Galang Dana Rp 196 Juta

Kompas.com - 22/07/2015, 19:41 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pembawa acara dan komika Pandji Pragiwaksono (36) berhasil menggalang dana Rp 196 juta lebih dalam waktu dua hari sejak dimulai Minggu 19 Juli 2015. Donasi ini akan disalurkan untuk pembangunan kembali masjid yang terbakar dalam insiden di Tolikara, Papua, pada Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, yang jatuh pada 17 Juli 2015.

"Alhamdulillah dalam dua hari terkumpul Rp 196 juta. Targetnya Rp 200 juta," ucapnya saat berbincang per telepon dengan Kompas.com di Jakarta, Senin (20/7/2014).

Pandji mengungkapkan, ia dan rekannya yang merupakan founder situs web kitabisa.com/masjidtolikara, Timi, sebenarnya menargetkan donasi sebanyak Rp 200 juta bisa terkumpul selama satu bulan.

Ternyata, Pandji tak menyangka respon masyarakat sangat baik. Ratusan juga bisa terkumpul dalam waktu dua hari saja. "Banyak yang bereaksi positif sehingga itu kayaknya yang menyebabkan donasinya cepat terkumpul. Padahal kami targetkan satu bulan, ternyata dua hari," kata Pandji.

Sebelumnya, Pandji menjelaskan, untuk berdonasi hanya perlu masuk ke situs kitabisa.com/masjidtolikara. Di laman depannya akan terlihat sebuah tulisan merah "DONASI".

"Tinggal klik, nanti ada pilihan donasi berapa banyak. Ada yang nyumbang jutaan sampai 20.000. Enggak apa-apa, yang penting bukan jumlahnya tapi tindakannya dalam krisis seperti ini. Udah itu, nanti ditanya pakai kartu kredit atau transfer," ujarnya.

Setelah itu, akan dilakukan verifikasi pembayaran. Apabila donasi telah masuk, maka total donasi yang terkumpul akan ditampilkan di lama situs tersebut. Pandji mengatakan, jika sudah terkumpul Rp 200 juta, donasi akan ditutup kemudian disalurkan melalui Bulan Sabit Merah Internasional (BSMI) Jayapura. Merekalah yang nantinya berhubungan langsung dengan pengelola mushala yang terbakar di Tolikara.

"Dananya dipakai untuk apa diserahkan ke masjid. Apa mau ngebangun masjid aja atau mau bantu renovasi kios atau rumah yang ikut terbakar," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com