Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Bulan Puasa, Bu Meinar Mainkan Lagu-lagu Mendiang AT Mahmud

Kompas.com - 29/07/2015, 17:23 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Meinar Loeis (85), pianis lagu anak pada era 1970-an, tutup usia pada Selasa (28/7/2015) pagi di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, dan telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan, pada Rabu (29/7/2015) pagi. Kecintaannya terhadap musik tak luntur. Sebelum bulan Ramadhan 1436 Hijriah, Meinar masih bermain piano dengan semangat di kediamannya, Jalan Padang No 20, Jakarta Selatan, yang menjadi rumah dukanya ketika ia meninggal dunia.

"Sebelum puasa, saya sama temen jenguk ke sini (rumah Meinar) dan sempat nyanyi sama-sama Ibu. Waktu itu masih sehat, masih aktif, dan semangat main piano," ujar Suwito, mantan murid Meinar dari angkatan 1986 di Sekolah Pendidikan Guru (SPG) 1, dalam wawancara oleh Kompas.com di rumah duka, Rabu (29/7/2015) pagi.

Menurut Suwito, ketika itu Meinar memainkan lagu-lagu karya sahabatnya, mendiang pencipta lagu anak AT Mahmud, dengan pianonya di ruang tamu kediamannya.

Suwito, Meinar, dan seorang lagi rekannya secara bergantian bernyanyi dan bermain piano.

"Masih main piano waktu itu, nyanyi bareng lagu-lagu Pak AT Mahmud. Beliau kan suka ya lagu anak yang bertema pendidikan. Ibu Nar (Meinar) masih lincah main piano saat itu," kenangnya.

Dikatakan oleh Suwito, ketika itu Meinar menawarkan rumahnya untuk dijadikan tempat halal bihalal sekaliguas reuni alumni SPG 1, tempatnya mengajar dulu.

"Pas itu ibu bilang, 'Nanti kalau ada acara reuni, di sini aja. Saya sebar lah ke Facebook masing-masing angkatan," ceritanya.

Namun, takdir berkata lain. Meinar meninggal dunia sebelum sempat bereuni dengan para mantan muridnya pada 2 Agustus 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com