Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NAIF dan Kendala Rilis Piringan Hitam

Kompas.com - 30/07/2015, 22:53 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Berbagai kendala harus dituntaskan grup band NAIF yang akhirnya resmi merilis tiga album awal dalam karier bermusik mereka, yaitu Naif (1998), Jangan Terlalu Naif (2000), dan Titik Cerah (2002) dalam bentuk piringan hitam atau vinyl pada Rabu (29/7/2015).

Vokalis David Bayu alias David "NAIF" mengatakan, kendala muncul ketika grup band yang ia bentuk bersama Muhammad Amil Hussein atau Emil (bas), Fajar Endra Taruna atau Jarwo (gitar), dan Franki Indrasmoro atau Pepeng (drum), ternyata sama sekali tidak memiliki master rekaman ketiga album tersebut. Demikian pula dengan perusahaan label rekaman Demajors.

Selaku label yang memanyungi NAIF saat ini, Demajors akhirnya melakukan negosiasi untuk mendapatkan ketiga master tersebut dari perusahaan rekaman Bulletin Musik dan PT Indo Semar Sakti.

"Dari dulu banyak yang mengontak kami untuk merilis ulang album-album tersebut dalam format vinyl. Tapi, master album-album itu enggak ada di kami. Jadi, kalau ada yang berhasil mendapatkan rights dari Indo Semar Sakti dan Bulletin, ya silakan saja," kata David dalam wawancara di sela acara peluncuran tiga album NAIF dalam bentuk vinyl di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (29/7/2015) malam.

"Bahkan kami sendiri juga sempat pengin bikin re-issue album-album itu, tapi yang berhasil tembus dari Demajors malahan yang ini. Ya sudah kami dukung aja," timpal Emil.

NAIF sendiri juga tidak terlalu paham bagaimana Demajors akhirnya berhasil mendapatkan rights dari master album-album tersebut. Menurut mereka Demajors bisa melakukan sebuah pendekatan yang baik dalam proses negosiasi

"Kami enggak tahu persis sih gimana. Mungkin pendekatannya khas juga. Waktu itu saya banyak ngobrolnya sama Jerry Bidara yang adalah produser album-album tersebut waktu itu, terus dari Demajors negosiasinya sama Pak Wendy yang dari legalnya Bulletin. Eh ternyata bisa tembus," tutur Emil.

"Berarti mereka berhasil dalam hal itu," imbuhnya.

Piringan hitam tiga album NAIF tersebut masing-masing dicetak sejumlah 400 keping yang dibanderol dengan harga Rp 300.000 per judul album. Dari pantauan Kompas.com, para pembeli terlihat sangat antusias. Bahkan mereka langsung mengantre untuk mendapatkan piringan-piringan hitam album NAIF tersebut dua jam sebelum acara resmi dimulai. Acara peluncuran itu baru dimulai pukul 20.00 WIB.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com