Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sheppard: Dengan Musik, Kamu Dapat Mengekspresikan Dirimu Sendiri

Kompas.com - 10/08/2015, 18:45 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup indie pop asal Brisbane, Australia, Sheppard, menjadikan musik sebagai jembatan untuk berekspresi sejak membentuk band pada 2009 lalu.

"Dengan musik, kamu dapat mengekspresikan dirimu sendiri dan dapat digapai oleh semua orang. Itu adalah hal yang menakjubkan dan memotivasi kami untuk berkarya," kata vokalis Sheppard, George Sheppard dalam wawancara sebelum tampil di Festival We The Fest 2015, Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (9/8/2015).

George mengatakan, musik yang memiliki sifat bahasa universal akan memudahkan seseorang untuk mengekpresikan diri meski tidak menggunakan bahasa ibu yang sama.

"Kenyataan bahwa musik adalah sebuah bahasa yang universal membuat kamu bisa mengutarakan ide-ide dan perasaanmu kepada orang-orang yang memiliki bahasa berbeda. Seperti ketika orang-orang di luar negara kami bisa mengapresiasi lagu-lagu kami," ujarnya.

Sheppard juga tak menyangka atas pencapaian mereka selama ini yang bermodalkan motivasi mengekspresikan diri. Single berjudul "Geronimo" dari album mereka yang bertajuk Bombs Away pun menjadi sebuah hits yang mampu menempati posisi puncak selama tiga minggu dalam daftar Australian Recording Industry Association (ARIA) Singles Chart mengalahkan single "Happy" milik vokalis Pharell Williams.

Selain itu, single tersebut juga masuk dalam 10 besar tangga lagu di berbagai negara, antara lain Selandia Baru, Austria, Jerman, Italia, dan Polandia. Mereka juga mendapatkan tujuh nominasi dalam ARIA Music Awards pada 2014 lalu.

"Ketika kami merekam lagu itu, kami memiliki perasaan bahwa ini akan jadi bagus, tetapi kami tidak menyangka akan hasilnya. Sungguh mengejutkan," tutur George.

Sheppard yang terdiri dari George Sheppard (vokal), Amy Sheppard (vokal), Emma Sheppard (bas), Michael Butler (gitar), Jason Bovino (gitar), dan Dean Gordon (drum), juga mengungkapkan bahwa mereka merasa beruntung bisa mendapatkan kebebasan berekspresi untuk mencipta musik yang mereka inginkan.

"Kami memang sudah menginginkan untuk bermusik sejak lama. Jadi, kenyataan bahwa kami bisa mendapatkan sebuah platform untuk bermusik dan menunjukkannya kepada dunia sungguh sangat luar biasa," ujar George.

"Kami sangat beruntung dalam hal itu," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com