Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bruno Mars dan Mark Ronson Dituduh Contek Lagu Serbia

Kompas.com - 13/08/2015, 22:32 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis

Sumber Aceshowbiz

KOMPAS.com — Artis musik Mark Ronson dan Bruno Mars dituduh melakukan plagiarisme. Lagu "Uptown Funk" hasil kolaborasi keduanya ini dituduh mencontek karya vokalis asal Serbia, Viktorija atau Snezana Miskovic.

Miskovic menganggap bahwa nada lagu "Uptown Funk" terdengar sangat mirip dengan lagu "Ulice Mracne Nisu Za Devojke" yang dinyanyikannya pada 1984. "Ulice Mracne Nisu Za Devojke" memiliki arti "Dark Streets Are Not For Girls" dalam bahasa Inggris.

"Lagu 'Uptown Funk' seperti 80 persen dari lagu saya. Seberapa banyak kita boleh mengambil inspirasi untuk sebuah lagu?" katanya dikutip Daily Star.

Akan tetapi, Miskovic belum memiliki rencana untuk menuntut Ronson ataupun Mars. Ia lebih menginginkan sebuah apresiasi ataupun pengakuan.

"Saya tidak terburu-buru untuk menutut mereka. Proses ini memakan waktu yang lama. Hidup dan karier saya pun tidak bergantung pada tuntutan hukum," ujarnya.

"Tuntutan hukum seperti ini membutuhkan dana yang besar. Pengacara bekerja dengan bayaran."

"Jika saya tetap ingin menuntut dan menang nantinya, saya harus mencari tahu, digunakan untuk apa uangnya nanti," tambahnya.

Berikut lagu Ulice Mracne Nisu Za Devojke (1984) yang pernah dipopulerkan Miskovic:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Aceshowbiz


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com