Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eva Lean dan Debra Ch'ng Andalkan Rempah-rempah Asia

Kompas.com - 13/08/2015, 23:59 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Dua sahabat berdarah Asia yang sama-sama tinggal di Perth Australia, Eva Lean dan Debra Ch'ng, terpilih menjadi salah satu peserta kompetisi masak bergengsi di Australia, My Kitchen Rules. Keduanya mendapatkan julukan "Spice Queen" karena kerap menggunakan rempah-rempah khas Asia dalam masakan-masakan mereka yang pedas.

"Kami menggunakan rempah-rempah, banyak macam. Cabai, jahe, cummins, kapulaga, bawang, terasi, dan Semua rempah-rempah yang biasanya digunakan untuk membuat hidangan khas Asia. Karena itu, orang-orang menyukai rasa yang unik dari bahan-bahan ini, alasan kami maju di acara ini adalah kami memasak bahan-bahan tersebut sesuai dengan yang seharusnya, Kami mendapatkan dimensi dan rasa yang berbeda," kata Debbra dalam wawancara telepon dengan Kompas.com di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Keduanya mengaku mendapatkan inspirasi dari resep keluarga yang akhirnya menjadi salah satu kunci sukses mereka dalam menjalankan kompetisi.

"Kebanyakan dari masakan kami merupakan masakan-masakan yang dihasilkan dari resep keluarga. Di mana tidak ada orang luar yang tahu. Fakta bahwa kami membawa ciri khas itu sepertinya yang membuat kami lebih menonjol dibandingkan dengan peserta lain. Selain itu, kamilah satu-satunya tim dari Asia," ujar Eva.

Eva dan Debra yang sudah bersahabat selama empat tahun mengaku tertantang menghidangkan masakan pedas ala Asia di kancah internasional. "Kami harus memasak sesuatu secara otentik. Misalnya cabai, kami harus bisa membuat bahan ini cocok untuk orang lain supaya bisa dinikmati dan diapresiasi. Kami cukup mahir memadukan cabai, bagaimana kepedasan yang pas dan cukup, namun juga menjaga keaslian rasa," kata Debra.

"Misalnya membuat balacan, belum tentu mereka cocok dengan rasa dan baunya, oleh karena itu kami harus menakar bahan-bahannya dengan pas dan sesuai selera orang asing," lanjutnya menjelaskan.

Untuk makanan khas yang diandalkan, Eva dan Debra mengaku lebih andal dalam hidangan asin ketimbang hidangan manis, antara lain jenis nasi kari, ikan, ayam, daging, dan sayur-sayuran.

Meskipun sudah melaju dalam kompetisi memasak bergengsi, mereka jemawa. "Kami tidak menganggap diri kami koki profesional, kami menganggap diri kami koki rumahan. Kami hanya memiliki kegemaran dalam memasak dan kami bangga dengan budaya kami, dari Malaysia dan India. Kami hanya ingin mempersembahkan makanan yang kami cintai," tutur Eva dengan bersemangat.

Untuk rencana selanjutnya, mereka berharap dapat membuka kedai makanan yang akan diberi nama "Eva and Debra Empire" dengan hidangan makanan-makanan khas Asia.

Bagi yang penasaran seperti apa aksi mereka dalam memasak? Saksikan My Kitchen Rules musim keenam di saluran televisi berlangganan DIVA, Senin-Rabu, mulai pukul 20.25 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com