Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Julia Perez: Alhamdulillah, Nilai Skripsi Saya A

Kompas.com - 16/08/2015, 21:27 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran, vokalis, dan pembawa acara Julia Perez (35) berhasil menyelesaikan pendidikan Strata 1 (S-1) studi ilmu hukum, yang telah dijalaninya kira-kira empat tahun. Pada Minggu (16/8/2015) siang, ia telah menjalani ujian skripsi dan dinyatakan lulus dengan nilai memuaskan.

"Alhamdulillah saya lulus. Alhamdulillah nilainya A," ucap perempuan yang akrab disapa Jupe ini kepada para wartawan di Universitas Bung Karno (UBK), Jakarta Pusat, Minggu siang, sesudah ia dinyatakan lulus ujian skripsi.

Sambil menangis terharu, pedendang "Belah Duren" ini menunjukkan lembar nilai skripsinya, yang berjudul Analisis Yuridis Tindak Pidana Penganiayaan Ringan dalam Adegan Film Arwah Goyang Karawang menurut Pasal 351 (1) KUHP (Studi Kasus Putusan MA). Ia mengatakan, yang membuatnya terharu adalah perjuangannya menimba ilmu pada usianya yang tak muda lagi. Apalagi, pada 2013 ia harus menjalani hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur, selama kira-kira tiga bulan, karena kasus penganiayaan pada 2010.

"Seneng banget, nangis terharu, bahwa perjuangan saya berakhir dengan indah setelah empat tahun. Saya lewati fase-fase sulit. Karena ini enggak cuma sekadar ujian kuliah bagi saya, tapi soal hidup saya yang harus balik ke posisi itu (mahasiswa), menimba ilmu. Saya sakit, terus masuk rutan. Ini sebuah perjuangan," tuturnya.

Pemilik nama asli Yulia Rachmawati ini memersembahkan hasil ujian skripsinya tersebut kepada ibunya, Sri Wulansih, yang selalu mendukungnya. Ia juga menghadiahkan pencapaiannya itu kepada mereka yang selama ini meremehkannya.

"Mama saya, buat Mama. Mama, Yuli lulus. Saya dedikasikan buat mama saya," ucapnya.

"Yang selama ini kami di-underestimate, tidak pernah diorangkan. Saya dedikasikan nilai ini untuk orang-orang yang anggap saya tidak mampu sekolah dan jadi orang yang lebih baik. Ini karena doa ibu saya juga," sambungnya.

Dekan Fakultas Hukum UBK, Daniel Panda, menambahkan bahwa Jupe mungkin akan ikut diwisuda pada akhir tahun ini.

"Wisuda November di Balai Sudirman (Jakarta Selatan). Mudah-mudahan Jupe pada wisuda resmi bisa terlibat," ucap Daniel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com