Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barry Likumahuwa: Jangan Malu Jadi Orang Indonesia

Kompas.com - 17/08/2015, 18:05 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Dalam rangka memperingati ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, pemain bas Barry Likumahuwa mengungkapkan bahwa pemuda Indonesia harus lebih aktif dalam mengisi kemerdekaan.

"Untuk mengisi kemerdekaan, ya anak muda di Indonesia harus memiliki kesadaran yang tinggi untuk lebih aktif dalam bersikap sebagai seorang warga negara Indonesia. Ya dimulai dari diri sendiri saja untuk tidak malu menjadi seorang warga negara Indonesia," kata Barry dalam wawancara sebelum tampil dalam acara Energenius Day 2015: Energi Jenius Untuk Generasi Jenius di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI) Hall, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Jangan malu jadi orang Indonesia. Kita harus bangga jadi warga negara Indonesia," imbuhnya.

Bagi Barry, kesadaran tersebut penting sebagai modal untuk membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. "Kita merdeka sudah 70 tahun, tapi progresnya belum merata. Kita masih berperang sama kemiskinan, kemacetan, kita masih berperang sama tata tertib yang enggak dipatuhi orang, sistem hukum juga kurang berjalan dengan baik, dan masih banyak lagi. Kita harus punya kesadaran untuk mengubah itu, terutama anak mudanya," ujarnya.

"Kalau bukan kita, ya siapa lagi," tambah Barry.

Putra pemain terompet kenamaan Benny Likumahuwa itu berpesan, masyarakat Indonesia harus bisa memunculkan energi positif untuk mengisi kemerdekaan ini agar perjuangan para pahlawan tidak sia-sia.

"Hal negatif memang banyak terjadi di Indonesia, tapi hal positif juga banyak. Nah sekarang mau tergantung yang positif apa negatif. Buat saya, kalau mau perangin yang negatif ya dengan positif," tutur Barry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com