Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maia Estianty: 70 tahun Indonesia Belum Semaju Negara Tetangga

Kompas.com - 17/08/2015, 19:42 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Republik Indonesia baru saja merayakan kemerdekaannya yang ke-70. Artis musik Maia Estianty mengatakan bahwa Indonesia di usianya yang saat ini seperti jalan di tempat.

"(Usia) 70 tahun saya pikir Indonesia belum semaju negara tetangga ya. Negara tetangga tuh pernah mengikuti negara kita sebagai role model-nya gitu. Kemudian kita kebalap pembangunannya," kata Maia saat dijumpai di Studio 1 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat baru-baru ini.

Maia menilai permasalahan yang dihadapi negara ini masih seputar sistem yang belum teratur dan bersih. "Banyak hal yang terjadi di negara ini, dengan banyak korupsinya, dengan belum bersihnya sistem pemerintahan di Indonesia, sistem ya, belum bener-bener beres. Jadi ya 70 tahun sudah terlalu tua untuk maju tapi kita belum maju-maju gitu lho," ujarnya.

Maia teringat prinsip kakek buyutnya, Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto dalam membela negara ini. "Kita harus berani, berani berdiri di kaki sendiri. Tidak terjajah oleh siapapun. Dulu kan musuhnya jelas, Belanda, kalau sekarang kan musuhnya, kita kan berantem sama orang-orang, partai sama partai saling berantem, saling memperebutkan. Bangsa asing mau menguasai kekayaan kita, kita malah enggak fokus di situ," tutur ibunda Ahmad Al Ghazali, Ahmad El Jalaluddin Rumi, dan Abdul Qodir Jaelani tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com