Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung dan Angkutan Umum Jadi "Senjata" Syaharani Menulis Lagu

Kompas.com - 22/08/2015, 15:05 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis jazz Syaharani mengaku tak pandai untuk mencipta sebuah lagu romantis. Untuk mengakalinya, Syaharani sering berpergian sendiri dengan angkutan umum dan mendaki gunung untuk mencari inspirasi dalam menulis lirik lagu dan mencari nada.

"Aku memang enggak pandai menulis lagu tentang rayuan yang romantis. Aku lebih ke kehidupan. Mendengarkan obrolan orang lain dengan santai keluarga masuk angkutan (umum) dan pergi hiking naik gunung. Itu senjataku untuk menulis," ujarnya saat dijumpai usai jumpa pers Indonesia Jazz Festival 2015 di Rolling Stone Cafe, Ampera Raya, Jakarta Selatan, Jumat (21/8/2015).

Syaharani bercerita, ia selalu membawa alat perekam di setiap kali naik gunung. Andaikan ia tak sengaja mendapatkan sebuah nada ketika menjelajahi gunung, maka dirinya akan langsung merekamnya.

"Nanti pas udah pulang, aku putar lagi pas ketemu sama teman-teman (grup band Syaharani & Queen Fireworks). Nah, mereka akan kasih ide rhythm-rhythm mana yang enak dan pas. Kalau oke, ya sudah lanjut," ucapnya.

Kendati menemukan ide nada, Syaharani mengaku tak bisa sendiri menggarap aransemen musiknya. Bukannya tak piawai, tapi ia ingin ada keterlibatan rekannya agar lagu tersebut menjadi lebih maksimal. "Kalau kerja tim kan harus didengerin. Kan siapa tahu lebih oke," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com