Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmad Bersaudara Lahir dari Keresahan El Rumi

Kompas.com - 02/09/2015, 15:48 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Dua putra artis musik Ahmad Dhani, yakni Ahmad El Jallaludin Rumi alias El dan Ahmad Abdul Qodir Jaelani alias Dul, beberapa bulan lalu membentuk band Ahmad Bersaudara yang beraliran musik retro. Menurut Dhani, band duo itu terbentuk karena keresahan El.

"Konsepnya ketika Al (putra pertama Dhani, Ahmad Al Ghazali) sibuk banget dengan DJ-nya. Terus El ini resah pengin terus ngeband," tutur Dhani dalam konferensi pers peluncuran klip video "Jika Kau Percaya" di kediamanya, Jalan Pinang Emas III, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (1/9/2015) malam.

Tak bisa dimungkiri, kesibukan Al cukup memengaruhi kegiatan band The Lucky Laki yang dihuninya bersama El dan Dul. Karena itu, El yang bersemangat melakukan kegiatan bermusik, akhirnya memilih membentuk Ahmad Bersaudara bersama Dul.

Dengan ide dan konsep yang ada di kepalanya, El mengajak Dul untuk meramu musik retro yang menjadi genre band baru mereka.

"Makanya dia ajak adiknya. Jadi ini adalah ide dari El. Genrenya pun Dul ngikutin kakaknya El yang suka retro, vintage, klasik. Dul pengarang lagu serba bisa, jadi dia ngikutin kakaknya. Nama Ahmad Bersaudara dari El. The Lucky Laki vakum sementara," tutur Dhani.

Pemilihan musik retro, lanjut Dhani, tak lepas dari pengaruh musik yang dimainkan oleh band legendari asal Inggris, The Beatles.

"Kebetulan Al, El, Dul itu kagum sama The Beatles. Penggemar The Beatles. Jadi sangat mudah beradaptasi. Karena dari kecil, mereka dengernya itu. Jadi waktu masih kecil, mereka kalau tidur, saya setel komputer dari malam sampai pagi lagi, itu lagu-lagu The Beatles. Jadi ternyata ada efeknya," ucap Dhani.

"Aku suka rock. Musik keras. Kakak El suka musik vintage. Kebetulan di tengahnya ada The Beatles. Jadi biar adil kami main musik retro. Enggak ada kesulitan," timpal Dul yang duduk di samping Dhani.

El menambahkan, kendati pengaruh musiknya dari band luar, tetapi ia tetap ingin memasukkan unsur Indonesia. Karena itulah, keduanya memilih nama Ahmad Bersaudara.

"Nama ini karena mungkin yang pertama terlintas aja di otak, Ahmad Bersaudara. Mau namanya yang Indonesia banget. Jadi 'Bersaudara' enggak pakai 'Brothers'," kata El.

Hingga kini, Ahmad Bersaudara sudah merekam delapan lagu untuk dimasukkan ke dalam album mereka nanti. Hanya belum ditetapkan berapa total lagu yang ada di album tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com