Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Maratua Jazz & Dive Fiesta" Janjikan Kenikmatan bagi Penyuka Jazz dan Diving

Kompas.com - 02/09/2015, 19:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Maratua Jazz & Dive Fiesta akan diadakan pada 11-12 September 2015. Sesuai dengan namanya, event itu akan bertempat di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Maratua Jazz & Dive Fiesta diadakan untuk mempromosikan Kabupaten Berau, khususnya Pulau Maratua di Kepulauan Derawan, sebagai tujuan wisata. Jazz dan diving dijadikan penarik publik untuk menikmati Pulau Maratua, yang disebut sebagai salah satu wilayah terluar Indonesia yang bersebelahan dengan wilayah Malaysia.

"Ini merupakan respon kami terhadap gagasan Nawacita yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Sebuah kehormatan bagi kami menyapa dunia dengan Jazz yang akan digelar di Pulau Maratua, surga di utara Indonesia," terang Agus Setiawan Basuni, founder dan festival director Maratua Jazz & Dive Fiesta, yang juga managing director WartaJazz, dalam keterangan pers tertulis yang diterima oleh Kompas.com pada Rabu (2/9/2015).

Maratua Jazz & Dive Fiesta, yang diklaim sebagai event pertama di pulau terluar Indonesia, diadakan untuk mempromosikan Kabupaten Berau, khususnya Pulau Maratua, sebagai tujuan wisata. Jazz dan diving dijadikan penarik publik untuk menikmati pulau tersebut.

Dari sisi jazz, Maratua Jazz & Dive Fiesta akan menghadirkan sejumlah artis musik jazz terkenal Indonesia. Salah satunya, pianis dan pemain keyboard Idang Rasjidi dengan Idang Rasjidi Syndicate-nya, yang terdiri dari dua putra Idang, yaitu pemain bas Shadu Rasjidi dan drummer Shaku Rasjidi, pemain saksofon Ricad Hutapea, perkusionis Iwan Wiradz, vokalis Tata, dan pemain gendang Andam.

Akan hadir pula Syaharani and Queenfireworks (ESQI:EF), dengan formasi Syaharani (vokal), Donny Suhendra (gitar), Andy Gomez (keyboard), Eddy Syakroni (drum), dan Bekti Sudiro (bas). Band asal Kalimantan Timur YK Samarinda dan Berau Jazz Band juga akan tampil.

Sementara itu, dari sisi diving, Kepulauan Derawan, khususnya Pulau Maratua, dikenal dengan alam bawah lautnya yang kaya. Ada lebih dari 40 dive site di Kepulauan Derawan.

Maratua Jazz & Dive Fiesta diinisiasi oleh WartaJazz.com dan Yayasan Berau Lestari serta diorganisasi oleh Jalamaya Productions. Event tersebut didukung oleh Pemerintah Kabupaten Berau, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, serta mitra lainnya, antara lain, Yayasan KEHATI, Berau Coal, Forum Komunikasi Maritim Berau, NDT, Yayasan Penyu Berau, dan Terangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com