Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habibie: Film Nasional Harus Ditonjolkan

Kompas.com - 03/09/2015, 11:20 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie mengatakan bahwa perfilman nasional harus lebih ditonjolkan agar menjadi raja di rumahnya seendiri. Habibie tak ingin gedung-gedung bioskop selalu digempur oleh film-film asing.

"Perfilman nasional harus lebih ditonjolkan, karena itu kebutuhan nasional," ujar Habibie dalam kata sambutan perayaan 10 tahun Reza Rahadian berkarya di industri film, di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (2/9/2015).

Menurut Habibie, dengan meningkatkan kualitas mutu dan daya saing, ia yakin film nasional bisa menguasai pasar Indonesia. Kata dia, saat ini, rata-rata masyarakat Indonesia sudah berada di level menengah.

"Jumlah masyarakat Indonesia tergolong middle class, itu mampu menonton, melihat, dan mendengar nilai-nailai moral dari budaya sendiri," ujarnya.

Meski mendorong produktivitas film nasional kepada para sineas dalam negeri, Habibie berharap pemerintah dapat lebih memerhatikan pengembangan produksi film yang dibuat oleh anak bangsa. "Tapi, yang produksi pun perlu mendapat perhatian oleh pemerintah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com