Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambil Menyusui, Kamila Andini Sutradarai "Sendiri Diana Sendiri"

Kompas.com - 04/09/2015, 19:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Kesibukan sebagai sutradara tak menjadi kendala bagi Kamila Andini (29) untuk mengurus anak pertamanya, Rintik, yang baru berusia satu setengah tahun.

Putri sineas kawakan Garin Nugroho ini mengatakan, ia kerap membawa putrinya itu ke lokasi shooting.

"Sampai sekarang saya masih memberi ASI (air susu ibu). Jadi, Rintik saya bawa ke mana-mana. Waktu shooting film Following Diana ini, dia (Rintik) masih umur delapan bulan. Memang gitu, nyusuin sambil nge-direct, he he he, sambil gendong," kisahnya ketika berbincang dengan Kompas.com usai pemutaran film Sendiri Diana Sendiri atau Following Diana di Kineforum, Jakarta Pusat, Jumat (4/9/2015).

Ketika pergi-pulang Jakarta-Bali-Jakarta untuk mencari lokasi shooting untuk film barunya nanti, Kamila juga memboyong Rintik. Ia dan suaminya, sutradara Ifa Isfansyah, juga membawa Rintik ketika Ifa melakukan shooting Pendekar Tongkat Emas di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Ia dan Ifa memang memilih mengurus sendiri anak mereka, tanpa bantuan tetap dari jasa pengasuh.

"Jadi, emang harus sama-sama tahu urus anak bareng-bareng. Itu konsekuensi yang harus dijalani. Tapi, prioritas saya tetap anak. Itu risiko. Kalau pas shooting, saya pakai (bantuan sementara jasa pengasuh). Kalau lagi enggak, saya ngurus sendiri. Saya enggak cocok aja pakai pengasuh," katanya.

Kamila dan Ifa ingin membuat Rintik sejak dini tak asing dengan lokasi shooting, tempat orangtua dan kakeknya bekerja. Karena itu, walaupun masih balita, Rintik sebisa mungkin dilibatkan ke dalam dunia kerja Kamila dan Ifa.

"Dia harus sangat mengerti ibunya, ayahnya, seorang sutradara. Namanya ibu baru, pasti takut atau apa. Saya ingin bersama-sama dia belajar, sehingga saya ajak dia, karena saya pengin tahu se-capable apa dia di lokasi, dia aman atau enggak. Membiasakan dengan lokasi shooting. Untungnya, saya enggak sering-sering shooting kayak sutradara lain, he he he," jelasnya.

Beruntung ayah Kamila, Garin, memahami ritme kerja Kamila dan Ifa. Garin, kata Kamila, ikut membantu mengurus Rintik.

"Dia (Garin) senang banget punya cucu. Tiap hari ke rumah, dua kali sehari, udah kayak makan obat. Rintik jelas dimanja banget sama kakeknya. Dia manggilnya Ronin, (Garin) enggak mau dipanggil kakek. Sering nitipin ke kakek neneknya," kisahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com