Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcella Zalianty Berharap Pembajakan Diberantas sampai ke Akarnya

Kompas.com - 18/09/2015, 15:52 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Marcella Zalianty menjadi anggota Satuan Tugas (Satgas) Anti Pembajakan di bidang edukasi publik, yang baru dibentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada 5 Agustus 2015.

"Saya Satgas di bidang edukasi publik. Fungsi sosialisasi. Salah satu fungsi dari satgas," ucapnya kepada wartawan usai pertemuan antara Satgas Anti Pembajakan Bekraf dengan Bareskrim di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (18/9/2015).

Ia bertugas melakukan sosialisasi kepada pelaku seni yang karyanya jadi korban pembajakan agar tak cuma tinggal diam, tetapi membuat laporan pengaduan ke polisi untuk bisa ditindaklanjuti.

Istri pembalap Ananda Mikola ini juga menyuarakan penolakan terhadap aksi pembajakan dengan sosialisasi meningkatkan apresiasi publik terhadap karya orisinal.

"Karena tidak bisa ditindaklanjuti tanpa laporan. Saya berharap dari laporan ini tidak berhenti tapi sampai meja hijau, (tetapi) bisa menuntaskan sampai ke akar-akarnya," ucap Marcella.

"Kalau saya lebih ke edukasi mengurangi pembajakan hak cipta hingga ke akar-akarnya. Selaku insan film, sudah saatnya ditindak secara tegas. Penegakan hukum jadi faktor utama, penting dan juga kita berharap agar masyarakat dapat menghargai karya anak bangsa. Karena kalau pembajakan terus dijalankan, daya cipta para insan musik pasti akan menurun," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com