Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar Sudah Lupa Berakting

Kompas.com - 19/09/2015, 17:00 WIB

DEPOK, KOMPAS -- Aktor kawakan yang kini Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku sudah lupa berakting. Namun, karena diminta Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, pemeran Jenderal Naga Bonar dalam film itu bersedia membacakan puisi di depan 1.200 peserta Musyawarah Nasional Ke-4 PKS, di Depok, Jawa Barat, Senin (14/9).

Salah satu dari tiga puisi yang dibacakannya adalah puisi karya Taufiq Ismail yang ditulis pada 1966 berjudul "Memang Selalu Demikian, Hadi". Namun, pada beberapa bagian bait puisinya, Deddy melakukan improvisasi mengganti kata Hadi dengan beberapa nama petinggi PKS, seperti Presiden PKS Sohibul Iman, mantan Presiden PKS Anis Matta, dan Ahmad Heryawan.

"Setiap perjuangan selalu melahirkan sejumlah pengkhianat dan para penjilat, jangan kau gusar, Sohibul Iman. Setiap perjuangan selalu menghadapkan kita pada kaum yang bimbang menghadapi gelombang, jangan kau kecewa, Anis Matta. Setiap perjuangan yang akan menang, selalu mendatangkan pahlawan jadi-jadian, dan para jagoan kesiangan. Memang demikianlah halnya, Ahmad Heryawan".

Dua puisi lain yang dibacakan Deddy adalah karya tokoh Nahdlatul Ulama, KH Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus, berjudul "Rasanya, Puisi Kemerdekaan", dan karya Taufiq Ismail yang ditulis tahun 1982 berjudul, "Membaca Tanda-Tanda". Puisi-puisi ini semuanya melukiskan kerisauan terhadap kondisi bangsa dan Negara Indonesia hingga saat ini. (DMU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com