Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sphere X Berlayar Lengkung Bikin "Maze Runner: The Scorch Trials" Lebih Tegang

Kompas.com - 19/09/2015, 17:51 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- CGV Blitz Indonesia yang bekerja sama dengan CGV dari Korea Selatan meluncurkan teknologi terbaru yang diberi nama Sphere X berbentuk layar lengkung. Teknologi yang hadir di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, itu mempunyai tiga keunggulan, yakni screen (layar), sound (suara), dan seat (kursi).

"Konsep Sphere X merupakan konsep ruang sinema lengkung yang mengeksplorasi kolaborasi antara bidang lengkung layar dan teknologi suara. Dengan mengedepankan tiga hal utama, yaitu screen, sound, dan seat," ucap Chief of Marketing CGV Blitz Indonesia Dian Sunardi kepada Kompas.com saat dijumpai di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dari sisi layar, teknologi Sphere X tersebut berbentuk lengkung atau curve screen dengan ukuran 26x14 meter, atau setara dengan lapangan olah raga basket. Dengan layar tersebut, mata penonton akan dimanjakan dengan pandangan menonton yang lebih luas selayaknya menonton format 3D, padahal hanya 2D. Teknologi suara Dolby Atmos pun menjadi faktor pendukung lain setelah layar yang besar.

Dengan 60 pengeras suara di sekeliling ruangan bioskop, telinga penonton pun akan "digetarkan" dengan suara yang seakan nyata dari sebuah film.

Selain berbicara ketangguhan layar dan suara, Blitz tak mau meninggalkan kenyamanan penonton saat menonton film. Dengan kapasitas 500 kursi tersebut, Blitz menyuguhkan kursi selayaknya tempat duduk ayunan yang bisa direbah hingga 45 derajat.

Saat Kompas.com menjajal teknologi tersebut dengan film Maze Runner: The Scorch Trials, tiga keunggulan yang ditawarkan itu terasa bisa dinikmati. Teknologi CGI yang disuguhkan film tersebut sangat nyata di layar lengkung tersebut. Seolah penonton ikut terbawa adegan di dalam film.

Dari segi tata suara, raungan para crank --makhluk sejenis zombie dalam film Maze Runner: The Scorch Trials-- akan lebih terasa menakutkan. Suara gemericik air ketika suara hening pun terdengar seperti nyata. Apalagi, suara aksi tembak-menembak dan aksi kejar-mengejar yang seolah mengagetkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com