Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Husein "Idol" Utamakan Penjiwaan

Kompas.com - 26/09/2015, 16:00 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2014, Husein Alatas mengatakan bahwa dirinya selalu mengutamakan penjiwaan sebuah lagu yang dinyanyikan di atas panggung.

"Penjiwaan ketika tampil buat gue nomor satu. Kalau secara teknis kan enggak bahas penjiwaan ya, tapi sebuah seni itu adalah penjiwaan. Seni apapun itu penjiwaan ya nomor satu," kata Husein ketika berbincang dengan Kompas.com di Jakarta belum lama ini.

"Apalagi gue kan juga punya dasar sebagai pemain teater," imbuhnya.

Selain itu, Husein bersyukur bisa menjadi seorang vokalis yang tidak terpaku pada satu genre semata. Menurut Husein, hal itu bisa membuatnya bisa lebih mengeksplorasi penjiwaan yang ia lakukan.

"Gue bersyukur banget jadi penyanyi yang enggak terkotak hanya pada satu genre karena dari dulu terbiasa untuk belajar dari pengalaman sendiri. Hampir semua jenis musik aku coba. Dari situ bisa belajar juga kalau pas nyanyi metal penjiwaannya gimana, pas nyanyi dangdut gimana. Intinya sih kalau ada nadanya pasti bisa dinyanyiin dan bisa dilihat message apa yang akan disampaikan lewat penjiwaan itu," ujarnya.

"Ya sebagai seniman, nomor satu tetap soul tadi. Penjiwaan paling penting," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com